Home » Uncategorized » Penerimaan CPNS/CASN 2013 dikhususkan untuk Honorer, ditutup bagi Masyarakat Umum atau Pelamar Umum

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Tasdik Kinanto di Jakarta kemarin (28/8) mengatakan, kepastian soal kebijakan rekrutmen CPNS/CASN baru tahun depan memang belum diputuskan secara resmi.
"Tapi kemungkinan besar memang tidak ada alokasi CPNS/CASN baru untuk pelamar umum," kata dia. Sebab, tahun depan Kemen PAN-RB berupaya mengentaskan tunggakan pengangkatan tenaga honorer Kategori II (K II) atau yang tidak digaji dari APBN atau APBD.

Tasdik mengatakan jika jumlah tenaga honorer K II ini lumayan besar. Yaitu mencapai 600 ribu orang. Jika tidak segera diangkat, mereka akan terus menagih dan membuat pemerintah pusat tidak bisa bekerja untuk urusan lainnya. "Jadi mereka kita prioritaskan dulu," kata dia.
Sistem pengangkatan tenaga honorer K II ini berbeda dengan pengankatan tenaga honorer Kategori I (digaji APBN atau APBD). Seperti diketahui, akhir tahun ini tenaga honorer K I akan diangkat langsung tanpa tes. Sedangkan untuk pengangkatan tenaga honorer K II wajib dilakukan dengan tes tulis. Tasdik mengatakan, tes tulis ini mirip dengan tes CPNS/CASN baru pelamar umum yang akan dijalankan 8 September mendatang.
Tasdik menjelaskan, dalam tes tulis nanti tidak semua tenaga honorer K II ini diangkat menjadi CPNS/CASN. Tetapi jumlah tenaga honorer K II yang diangkat nantinya disesuaikan dengan kukuatan APBN 2013 yang akan disahkan beberapa bulan lagi. Tasdik belum bisa mengatakan secara pasti jumlah tenaga honorer K II yang akan diangkat menjadi CPNS/CASN tahun depan.
Secara teknis pembuatan soal untuk seleksi ini, dia mengatakan tetap digarap oleh konsorsium 10 PTN yang diketuai UGM. Standar kesulitan soal masih disembunyikan oleh tim dari konsorsium ini. "Intinya jika belajar dengan sungguh-sungguh, insyallah bisa mengerjakan soal," ucap Tasdik.
Tasdik menegaskan, tidak adanya kuota CPNS/CASN baru dari pelamar umum bukan berarti masa moratorium rekrutmen CPNS/CASN baru diperpanjang. Seperti sudah ditetapkan, masa moratorium CPNS/CASN baru akan berakhir akhir tahun ini. Sehingga pada 2013 seluruh instansi pusat dan daerah berhak meminta kuota CPNS/CASN baru.
"Tetapi itu tadi, prioritas kami adalah mengangkat tenaga honorer K II dulu," ucap dia. Perhitungan dari Kemen PAN-RB, lowongnya kursi PNS/ASN yang ditinggal pegawainya pension, bisa ditambal dengan rekrutmen CPNS/CASN baru dari gelombang tenaga honorer K II itu



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 43 Responses So Far. »

  1. thun brapa n blan brpa btas th ijzah tnga honrer yg msuk KT. II,sdng mlai msa tgas bln nya tdk sma,msalnya sya,sya tmat blan Oktober sya mlai honor bln desember,apkh sya bsa msuk KT. II,mhon pnjlas nnya. . . . .

  2. Kenapa pembukaan cpns formasi umum tahun 2013 ditiadakan, maaf sebelumnya ini tidak adil bapak/ibu karena kami menuntut ilmu untuk mencari pekerjaan, sedangkan pemerintah hanya mengutamkan tenaga honorer untuk dijadikan Cpns. Mohon kebijakan Bapk/Ibu untuk membuka formasi umum di tahun 2013 karena tenaga honorer K1 dan K2, kebanyakan adalah masih keluarga para pejabat, sedangkan yang tidak memiliki keluarga di pemerintahan TIDAK MASUK DATA BASE, hal ini sangat tidak adil menurut saya.

    Kalau memang harus, formasi umum dan tenaga honorer tetap mendapatkan formasi di CPNS tahun 2013 dengan melakukan test secara bersama tanpa dibedakan. Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan Terima Kasih.

  3. Sangat tidak adil kalau pemerintah hanya membuka peluang untuk tenaga honorer saja tidak bisa memberikan kesempatan untuk Umum….Banyak honorer yang memanipulasi data yang tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya jadi kalau sekarang pemerintah hanya fokus pada honorer saja itu sangat TIDAK ADIL..pemerintah seharusnya memberikan kesempatan yang dari Umum yang kualitasnya lebih bagus dibandingkan honrer

  4. Bagaimana jika daerah / di lapangan membutuhkan tenaga guru dengan dengan kualifikasi pendidikan/jurusan tertentu, tetapi peserta K II tidak ada yang memenuhi kualifikasi pendidikan tersebut? apabila tidak dibuka tes cpns untuk jalur umum, bagaimana menenuhi kebutuhan itu? Saya harapkan masih dibuka peluang tes cpns jalur umum, walaupun prosentasenya dibawah K II… Terimakasih

  5. kalo melihat tenaga honor yang bertahun tahun bahkan ada pula yang puluhan tahun itu sangat adil

  6. saya sangat mendukung tenaga honor dan pengabdiannya dengan penuh kesabaran mereka mesti di dukung krn pengabdian mereka bukan setahun atau dua tahun bahkan ada yg 10 tahun tetap bersabar

  7. Bagi kalau tenaga honorer yang tidak masuk data base yang barusan bekerja selama satu tahun atau dua tahun terakhir? MOHON PENJELASANNYA?

  8. Bgmn dgn masa bakti januari 2006? Sdh bs ikut tes atw tdk?

  9. Trlalu bxk kecurangan yg trjd gara” ingin msk k IIsk sklh tdk sm dg sk honor daerah yg dikeluarkn oleh pemkab. Smuax diubah semaux sj. Tlng ditelaah ulang,kumohon

  10. Mohon direspon ya

  11. banyak honorer yang memanipulasi data, sehingga banyak juga data yang asli tidak diakui, kasihaaan deh!

  12. buat pernyataan k membingungkan masyarakat sekmennya lebay. apa honorer itu lebih pintar dari yg umum… so para sarjana sarjana yg baru mau kau kemanain.. kebanyakan honorer itu masuk dengan cara bayar. apa ente gak tau dengan kondisi seperti itu.

  13. sampai saat ini masih banyak pejabat2 daerah yang gentayangan mencari tenaga honorer yang baru yang mau bayar dengan iming-iming bakal diangkat jadi cpns.. eeeeeee ternyata gayung bersanbut juga dari sekmen PAN-RB ini. sampai k berapa pak kinanto???? k2,k3 atau sampai????????? lagian penerimaan cpns k ada tahun ini. bukankah moratorium pns ketiga menteri yang pintar itu berlaku sampai 3 desember 2012??? berarti penerimaan cpns sekarang legal atau ilegal? sekali lagi jangan buat peraturan dan pernyataan yang membingungkan masyarakat

  14. salam hormat kepada bpk/ibu yang memegang kekuasaan ngomong2 masalah kontrak K1 K2 klo kontrak penyuluh THL-TBPP masuk kekategori mana?terimakasih

  15. Begitulah ulah para pejabat negeri ini,, buat apa menunggu cpns yg gak jelas,,lebih baek para sarjana muda berwiraswasta biar bisa menyaingi pemerintah tuk buka lapangan kerja.

  16. enak ya, anak honorer diangkat jadi PNS, nah klo yg umum kapan jauh2 kuliah tapi ujung2’a tak ada pengumuman CPNS,nasib-nasib?..

  17. semua pernyataan di atas salah besar bung !! jangan anggap semua tenaga honorer itu masuk dengan cara2 yang tidak benar dang dengan data2 yg dimanipulasi, saya sendiri tenaga honorer dari K2. saya sejak lulus SPK TH 1998 langsung mendaftar sbg tenaga honorer dan sampai saat ini masih belum diangkat menjadi CPNS.

  18. Menurut saya ini adil untuk guru honorer, karena kita tahu guru2 honorer gaji tak seberapa, bandingkan dengan kinerja,masa bakti dan kondisi keluarga mereka. Banyak guru honorer yang sudah lama mengabdi dengan gaji tidak pantas menurut saya, kemudian pada saat test mereka gagal dan kalah oleh fresh graduate padahal kita tahu kualitas mereka dalam mengajar tidak diragukan lagi. memang ada sebagian dari mereka yang kurang bagus atau punya chanel tetapi itu cuma sebagian kecil. lebih banyak yang jujur tentang masa baktinya kepada negara. Kalau bungkarno bilang “Apa yang telah kau berikan bagi negaramu” mung kin disinalah bangsa jg memberikan kesempatan yang baik bagi pendidik generasi muda nya yang masih teranaktirikan dari guru PNS sertifikasi yang punya pendapatan besar dengan diikuti melemahnya kinerja dan kesewenangan karna kesenioran.
    Sebelumnya maaf saya juga honorer baru jd gak bakalan bisa ikut test, tapi saya prihatin melihat rekan2 saya yang sudah berumur dan punya keluarga tetapi penghasilannya saya rasa kurang pantas untuk menghidupi keluarganya.

  19. benar-benar kebijakan yg menyengsarakan rakyat,,kalo mau terima cpns dari honorer silahkan tp pikirkan jg pencari kerja lainnya mau dikemanain sementara peluang kerja tidak tersedia dan umur terus bertambah. satu kata kalau ini diterapkan maka akan terjadi REFORMASI jilid 2,anda ingin terapkan kebijakan ini? tunggu saja anda akan kami cabik2.

  20. Untuk Tahun 2013 Katogori II itu dari Tahun Berapa Pak ?

  21. ingatlah hai para pejabat yang bikin peraturan!!!!!!!!!
    kita hidup tidak hanya untuk sekarang, tapi ada akhirat yang menanti kita. SANGAT TIDAK ADIL kalo pemerintah hanya mengutamakan KT.I dan KT.II yang banyak memanipulasi data, serta banyaknya praktik KKN. Kalian udah tua, tolong beri kami kasih sayang maka kelak kalian akan banyak dikirim doa.

  22. kalau seperti ini terus menerus gimana nasib kami yang honor 2006,2007,2008,makanya kemarin tu menerima cpns harus melampirkan sk honor paling tidak masa kerja minimal 3 tahun secara terus-menerus,ini perlu untuk dipertimbangka oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat,

  23. pemerinrah pusat emang tidak adil kenapa sungai penuh bisa terima cpns umum,semetara 11 kabupaten dan 1 kota madya jambi di provinsi jambi,tidak bisa menerima padahal kab. batang hari dan kab.tebo yang pertama menguslkan rekrutmen cpns tidak dikabulkan dengan alasan morotarium,saya rasa ada kongkalikongnya,,,,KUHP +kurang uang hukuman panjang, KUHP==kaya uang hukuman pendek,bagaimana menurut pembaca semuanya tentang pendapat saya ini

  24. tidak semua honorer seperti itu…..honorer selain sudah teruji kinerjanya dan kualitasnya juga tidak kalah dengan lulusan para sarjana baru….oleh karena itu kalau memang ada bukti tentang honorer yang gadungan silahkan laporkan..banyak sarjana baru yang stelah lulus cpns tidak mengerti dgn kerjaan dan beban tugas yg diembannya jd manusia tidak ada yg SEMPURNA jangan saling menghina……………

  25. Saya setuju K II d utamakan, dan mohon d perhatikan honor yg tdak d biayai apbn trutama d simalungun, krn bnyak oknum2 d simalungun yg tdak jelas,.

  26. Percuma rasanya trlalu banyak comennt ma atasan gak bakal di gubris,biarlah REJEKI ALLAH YG NGATUR

  27. Saya setuju dengan kebijakan pemerintah yang akan megangkat tenaga honorer(wiata bakti) kategori II. Karena wiata bakti udah puluhan tahun gak diangkat jadi pns, wiata bakti yang telah berkorban demi negara agar anak dinegara ini jadi pandai. Apa timbal baliknya untuk orang yang wiata bakti

  28. tidak semua tenaga honorer masuk dg uang bro..
    sebaliknya, sarjana2 lulusan sekarang kebanyakan bermental korup !

  29. SANGAT TIDAK ADIL., SETIAP KEPUTUSAN PEMERINTAH TIDAK DIPIKIRKAN DENGAN BAIK. Percuma dong kuliah tinggi-tinggi kalau pemerintah tidak memberikan kesempatan para pemuda pemudi penerus bangsa yang cerdas, pintar dengan gelar yang mereka raih dari bangku perkuliahan. Coba dong liat Tenaga Honorer yang kebanyakan titipan dari keluarga yang bisa dibilang kualitasnya jauh di bawah para Sarjana.
    Mau jadi apa negara ini kalau para abdi negaranya tidak memenuhi kualifikasi dan tidak berkualitas.
    (yaa bukan berarti tenaga honorer tidak ada yang bagus, ada sih beberapa)

  30. jujur untuk kategori 2 sebenarnx sudah tidak ada,karena,mereka yg tmt bekerjanx sebelum pp48 sudah masuk dalam kategori 1,kenapa y pemerintah kita sampai bisa kecolongan 600ribu honorer????????
    SIAPAKAH yg BODOH????????

  31. Saya setuju dengan statement Sdr. Jafar dan Ringkar, contohnya daerah saya saja banyak yang masuk karena unsur nepotisme bahkan nekat memalsukan lama masa kerja agar cepat diangkat.
    Gini ya potret pemerintah kita?? Paling tidak konsisten sama peraturan SKB yang sudah dibuat, ternyata benar apa kata bijak kalau peraturan dibuat untuk dilanggar. Gimana rakyat bisa patuh pada peraturan lha wong pemerintahnya saja suka melanggar peraturan.

  32. sangat tidak adil bagi kami yg tidak mempunyai keuarga pejabat dan tidak mempunyai uang padahal diantara kami ada yang kualitasnya melebihi dari yang honorer banyak sekali di negeri ini tenaga honorer diangkat berdasar keluarga atau uang padahal kualitasnya nol besar,makanya negeri ini tidak maju karena banyak sekali guru honorer diangkat berdasar keluarga bukan karena umum jika ingin memperbaiki negeri ini perbaikilah dari dasar……sungguh bagi kami untuk menjadi guru honorer sangat sulit….apalagi jika pns hanya diambil yg honorer saja lalu dmn jalan untuk kami…..?????

  33. lulus dg IP istimewa ternyata tidak menjamin.kalau tdk punya kerabat dlm lingkungan pendidikn/ uang pelicin untuk bs honorer.SUNGGUH TIDAK ADIL!!!!apalagi dg pernyataan TASDIK KINANTO SUNGGUH AMAT TIDAK ADIL! SAYA YAKIN ANDA TIDAK PERNAH MERASAKAN APA YG KAMI RASAKAN.LULUS KULIYH MASUKAN LAMARAN KESANA SINI.G DIPANGGIL….APALAGI KETAMBAH STATMN KINANTO.TERTUTUP SUDAHLAH HARAPAN.UNTUK BS MENGAPLIKASIKAN ILMU KPD SUBYEK DIDIK.

  34. N BIASANNYA NEK AMEH ONO BUKAAN WEKTUNE MESTI DADAK.KURANG SOSIALISASI

  35. DISKRIMINASIIIIIIIIIIIIIIIII.ORAK ENAHHHHHHHHHH TWENAN

  36. klw itu pemerintah lakukan,alangkah sedihnya bangsa kita yg telah lama merdeka.penerimaan honorer aja diam-diam dan hanya dikhususkn bagi keluarga pejabat.sedangkan kami yg masyarakat biasa sulit tuk menjadi pegawai honorer.ada baiknya bapak adil dalam penerimaan CPNS ditahun depan.kami mohon pak jangan ada perbedaan pelamar.kalau berani bersaing secara sehat.itu baru adil pak.kasihanin kami masyarakat kalangan bawah yg jg ingin mnjadi PNS.tahun ini aja kami tidak bisa ikut mndaftar CPNS dikarenakan kami tidak diberi kesempatan tuk ikut dengan alasan tidak formasi.padahal utk kuliah aja ortu kami harus banting tulang.tolong pak jangan ada perbedaan penerimaan CPNS antara honorer dengan kami pelamar umum yg jg ingin mnjadi PNS.semoga bapak pejabat yg terhormat bisa berbuat adil tuk kemajuan bangsa Indonesia kita ini.

  37. Kpd yth : Bapak Menteri Pemberdayaan Apartur Negara (PAN)jangan kejam kek gthu donk, pemerintah pikir dikit sama anak anak rakyat yang udah susah payah sekolah sarjana tapi gak di butuh kan lagi ,jika anda anda dibuat kek gthu kecewa gak,bahkan keluarga anda pun sedih,kami udah cukup pedih masa konflik di aceh tapi jangan dibuat merana lagi,

  38. kapan saya diberi kesempatan untuk ikut K2 ?

  39. COBA LIAT TENAGA HONOR DILINGKUNGAN PNS ..MEREKA SEMUA TITIPAN ..BAWAAN KARYAWAN ..ORANG LAMA YANG MAU PENSIUN DAN PUNYA OTORITAS MENGANGKAT KELUARGANYA MENJADI TENAGA HONOR..YANG BERMAIN DENGAN OKNUM KEPEGAWAIAN..MASING MASING INSTANSI… ITU SEMUA PERMAINAN HORISONTAL… SANGAT MEMUNGKINKAN AKAN TERJADI PERMAINAN VERTIKAL KALAU BERITA INI BENAR DILAKUKAN

  40. kalau penerimaan cpns hanya difokuskan pada tenaga honorer bagaimana nasib kita-kita menimba ilmu jadi sarjana toh tidak ada respon yg positif dari pemerintah. Apa kualifikasi kami sebagai lulusan Sarjana dipandang tidak bisa bersaing dengan tenaga honorer yang ad????? apalagi sekarang peraturan pemerintah kenapa jadi semua perguruan tinggi negeri bisa membuka jurusan PGSD, apa tidak melihat pengalaman masa lalu tentang lulusa SPG gitu…..

  41. kapan pengumuman yang transparan data lowongan cpns bagi sarjana yang menunggu lowongan, akan tetapi tidak terjaring. honorer ikut umum pendataan yang sekiranya epektif dan bisa memberi kesempatan pada sarjana lulusan 2003-2005. yang berharap dapat mendapatkan tempat yang layak sesuai dengan proforsinya. acapkali seiring ditemukan pendaftaran honorer saja susah karena alasan penuh, tapi dengan kedekatan atau sanak famili mudah begitu saja masuk fasilitas sarjana yang seharusnnya ketika sesudah lulus pendidikannya untuk mendapatkannya.
    informasi terlambat pengumuman penutupan cepat?????

  42. saat nya untuk memperhatikan tenaga kerja yang statusnya masih honorer,dengan adanya program pembukaan formesi cpns yang di buka hanya untuk tenaga honorer,saya sangat berterimakasih dan dalam hal ini merupakan penyemangat kerja buat saya yang sudah bekerja sebagai tenaga honorer dari 1 januari 2006,kalau dalam tahun ini dari hasil test kemari gagal mungkin taun depan tidak akan bisa mengikuti test lagi,karena umur yang sudah tidak memenuhi syarat.

  43. Buat pemirsa dan pembaca semuanya ini semua karena dinegara kita ini banyak sekali oknum2 yg korup jadi bisa dibilang negara yg terkorup didunia coba lihat CPNS saja sudah ada permainan dan yg paling menyedihkan lagi masalah tenaga honorer yg betul2 mengabdi kepada negara yg seharusnya sudah selesai dari tahun 2006 kentaannya sampai sekarang diulur-ulur terus sehinnga akibatnya honorer bertambah terus karena banyak banyak sekali honorer2 siluman alias KKN inilah indonesia akhlak, moral, kemanusiaan dan rasa nasionalisme sudah hilang kapan negara kita aman, maju, adil dan makmur??????????????????