Home » Uncategorized » Pensiunan PNS Akan Diubah Menjadi Sistem Iuran Pasti

Menteri Negara BUMN Sofyan Djalil mengatakan, sistem pensiun pegawai negeri sipil (PNS/ASN) akan dilakukan perubahan dari sistem mapan pasti menjadi sistem iuran pasti seperti yang telah dilakukan beberapa BUMN.

?Dengan sistem iuran pasti akan lebih terlihat akuntabilitynya bagi pemerintah, tetapi jika beban-beban yang ada belum terselesaikan maka akan sulit diterapkan sistem tersebut,? kata Meneg BUMN Sofyan Djalil  usai acara pembukaan  Taspen executive meeting di Jakarta, Senin (20/8).

Menurut dia, Menteri Keuangan pun telah menyadari perlu adanya perubahan sistem pensiun tersebut, PT.Taspen sebagai usaha BUMN akan terus melakukan perbaikan  sistem pensiun pegawai negeri.

?Jika sistem pensiun atau dana pensiun PNS/ASN ini  sudah bagus, maka nanti melaksanakan undang-undang tentang jaminan  social akan jauh lebih baik,? katanya.

Direktur Utama PT.Taspen Achmad Subianto mengatakan, PT.Taspen pada saat ini mengelola dua sistem untuk pensiunan pejabat negara yang diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah untuk menggunakan sistem yang dikehendakinya.

Sistem pensiun mapan pasti seperti yang ada sekarang untuk pejabat negara dan anggota DPR, dirasakan sangat membebani pemerintah dalam pembayaran, sedangkan sistem pensiun untuk PNS/ASN, Menkeu Sri Mulyani meminta Tapen agar melihat kembali secara keseluruhan.

Pada saat ini PNS/ASN memperoleh dua macam pensiunan yaitu pensiun bulanan dan  lum sum, sedangkan  di BUMN hanya  5 (lima) tahun memperoleh lum sum dan tidak ada uang pensiun.

Menurut  Achmad Subianto, mulai saat ini pemerintah harus memikirkan sistem pensiun PNS/ASN, TNI/Polri, pensiun karyawan BUMN dan pensiun karyawan swasta,  jangan sampai menjadi beban bagi pemerintah dikemudian hari. (T.Rmg/toeb/c)



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.