Home » Uncategorized » Proses Seleksi CPNS/CASN 2012 Banyak Ditemukan Kecurangan Terutama CPNS/CASN di Lingkup Pemerintah Daerah

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) ikut andil melakukan pemeriksaan atas penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS/CASN) baik di pemerintah pusat maupun daerah. Dalam pemeriksaan awal, BPK menemukan ada potensi kecurangan dalam penerimaan CPNS/CASN terutama di lingkup pemda.

"Pengadaan pegawai di daerah adalah suatu yang rawan," kata Anggota III BPK RI, Agung Firman Sampurna kepada wartawan di Kantor Pusat BPK, Jakarta, Rabu (12/9).

Menurutnya, potensi pelanggaran penerimaan dan penempatan PNS/ASN lebih besar besar terjadi di daerah daripada pusat. Selain itu, kerugian pelanggaran penerimaan dan penempatan PNS/ASN lebih berdampak terhadap pada membengkaknya anggaran belanja pegawai. "Itu negara akan menerima kerugian karena PNS/ASN yang direkut tidak kompeten maka negara akan membayar kepada orang tidak berkompetensi," tegasnya.

Selain itu, Agung menilai proses penggadaan PNS/ASN yang tidak sesuai kompetensi muncul karena adanya indikasi CPNS/CASN melakukan penyuapan agar bisa menjadi PNS/ASN. "Karena mereka membayar, tidak punya kompetensi ada kemungkinan mereka melakukan pelanggaran," cetusnya.

Dia menambahkan BPK menemukan adanya pelanggaran penggadaan dan penetapan formasi PNS/ASN tahun 2009 dan 2010. Temuan tersebut berdasarkan pilot project pemeriksaan kinerja BPK tahun 2011 terhadap beberapa sampel di instansi pemerintah pusat dan daerah. "BPK mengindikasikan permasalahan atas penempatan formasi dan pengadaan PNS/ASN," ujarnya.

Hasil audit pendahuluan yang dilakukan BPK menghasilkan permasalahan yang muncul saat penetapan formasi PNS/ASN yakni pengendalian internal atas pengelolaan data kepagawaian tidak sesuai ketentuan, database kepegawaian yang berbeda, tidak ada SOP (Standar Operating Procedur) dan sosialisasi pengusulan formasi PNS/ASN, usulan tambahan formasi dari intansi belum berdasarkan analisis kebutuhan.

"BPK akan melakukan pemeriksanaan kinerja atas penetapan formasi dan pengadaan PNS/ASN tahun 2009 dan 2010. Pemeriksaan ini dilakukan berdasarkan Pasal 6 ayat (3) Undang Undang 15 tahun 2006," imbuhnya.

Nantinya hasil audit kinerja terhadap pengadaan dan penetuan formasi PNS/ASN tahun 2009 dan 2010 serta proses penerimaan PNS/ASN tahun 2012 akan menghasil sebuah rekomendasi untuk perbaikan penetapan tugas dan kerja PNS/ASN di Kementrian/Lembaga sehingga anggaran untuk belanja pegawai tidak membengkak.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 2 Responses So Far. »

  1. betul itu! Tapi jangan cuma ngomong aja dan gak ada tindakan tegas kepada oknum pemda sialan itu!
    ayo Benahi…..!! Indonesia pasti maju kalo pns nya kompeten dan profesional dan masyarakat pada umumnyal!
    Semangat2…. šŸ˜€

  2. I just want to say I am very new to blogging and truly loved your website. Most likely Iā€™m likely to bookmark your site . You really come with tremendous stories. Thank you for sharing your web-site.