Home » Uncategorized » Proses Seleksi CPNS/CASN Tahun 2011 Dilaksanakan Dua Tahap Tes Ujian CPNS/CASN

Badan Kepegawaian Negara (BKN) menjadi penyelenggara utama dalam seleksi CPNS/CASN yang bersifat umum. Hal ini tertuang dalam Pasal 21 ayat 4 RUU tentang Pokok-pokok Kepegawaian Negara. Disebutkan juga dalam tes seleksi CPNS/CASN terdiri dari dua tahap, yaitu yang bersifat umum dan khusus. “Kalau seleksi umum dilaksanakan secara nasional oleh BKN. Sedangkan seleksi khusus disesuaikan dengan kebutuhan dan kompetensi, penyelenggaranya adalah kementerian, lembaga atau pemda yang bersangkutan. Sedangkan untuk jabatan profesi tertentu dilakukan seleksi oleh instansi pembina jabatan profesi tersebut,” urai Kabag Humas BKN Tumpak Hutabarat.

Dijelaskannya, tes seleksi yang bersifat umum terdiri dari materi bahasa Indonesia, bahasa Inggris, tes psikologi, dan tes potensi akademik. Seleksinya dilaksanakan secara jujur, objektif, transparan, dan melalui kompetensi yang sehat.

Di dalam Pasal 19 disebutkan, pengadaan pegawai sipil adalah untuk mengisi formasi. Di mana pengisian formasi dapat dilakukan melalui pengadaan CPNS/CASN atau mutasi pegawai sipil untuk pengisian jabatan yang kosong. Formasi digunakan sebagai dasar rujukan dalam penyusunan program-program kepegawaian seperti pengadaan, penempatan, pengembangan karir, dan pengendalian pegawai sipil.

“Mekanisme tentang pengadaannya diatur lebih lanjut dengan PP. Selain itu penetapan formasi setiap tahun anggaran dilakukan menteri,” ucapnya. Lebih lanjut dikatakan, dalam Pasal 22 diatur tentang penyeleksian pegawai sipil yang dilakukan panitia penerimaan pegawai yang dibentuk masing-masing kementerian dan pemda. Ketentuan seleksinya juga ditetapkan dengan PP. (esy/jpnn)

Download Latihan Soal CPNS/CASN 2011-2012

Arsip List Posting PPCI



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 5 Responses So Far. »

  1. Kepada
    Yth Bapak2 dan Ibu2 di bidang kepegawaian pemerintah

    Dengan Hormat.

    Yang saya tanyakan..
    Kenapa mesti dicantumkan syarat ” Belum Pernah Menikah” seperti lowongan di BULOG dan beberapa BUMN …ini memberikan suatu ketidakadilan bagi warga negara yang mau memperoleh pekerjaan bagi pemerintah,dan mengecilkan harapan bagi pelamar yang sudah menikah keterima sebagai pegawai pemerintah,..Saya menginginkan tolong syarat seperti itu untuk dihilangkan saja…syarat itu sama saja menghapuskan bagi,kami yang lulus sarjana dibawah umur 30 tahun tapi dengan status “Menikah”.

    Hormat Saya.

  2. kami semua berharap agar pemerintah pusat membuat tim khusus dalam seleksi cpns tahun 2011,supaya dapat mencegah kecurangan dipemda,khususnya diprovinsi Nanggroe Aceh Darussalam,sekian trimong geunaseh pemohon

  3. kapan pendaftaran cpns u/perhubungan laut

  4. Kami harap agar test pns tdk ada kecurangan.Banyak pegawai sekarang keterima berdasarkan uang.Jadi yang kerja dipemerintahan adalah orang bodoh tapi punya uang dari pada orang pintar.Padahal untuk membangun negara yang harusnya dibutuhkan adalah orang pintar bukan orang berduit.Mudah-mudahan test pns di seluruh indonesia dilakukan dengan cara sehat.

  5. saya mengharap pns untuk thun nie tidak ada kecurangan……