Home » Uncategorized » PTN Dilibatkan dalam Perekrutan CPNS/CASN

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mengatakan, perguruan tinggi akan diikutsertakan dalam mengevaluasi hasil tes calon pegawai negeri sipil. Ia menjelaskan, alasan pelibatan perguruan tinggi dalam seleksi CPNS/CASN karena Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menilai perguruan tinggi negeri sudah memiliki sistem yang baik. Hal itu terbukti dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN).

“Bukan hanya kali ini. Waktu saya menjabat sebagai Rektor ITS, sebenarnya penilaian ujian (evaluasi) CPNS/CASN oleh perguruan tinggi sudah dilakukan di Jawa Timur. Namun, saat ini sifatnya akan dinasionalkan,” kata Nuh, di Gedung Kemdikbud, Jakarta.

Meski belum ditetapkan, Nuh yakin perguruan tinggi bisa dikombinasi dengan lembaga yang berwenang mengurusi kepegawaian. Ia menjelaskan, dalam proses seleksi CPNS/CASN, perguruan tinggi akan bertugas membuat dan mengevaluasi soal.

“Kampus itu tempatnya orang pintar. Intinya, yang kita siapkan adalah memberikan dukungan penuh bagaimana mengevaluasi rekrutmen CPNS/CASN ini,” ujarnya.

Meski demikian, Nuh menegaskan, jika akan dilibatkan dalam seleksi penerimaan CPNS/CASN, perguruan tinggi harus bisa menjamin independensinya dalam mengambil tindakan terkait evaluasi tersebut.

“Saya berikan instruksi khusus kepada para rektor yang mendapat tugas mengevaluasi penerimaan ini. Tidak boleh ada intervensi apa pun dan memberikan hasil dengan apa adanya,” kata Nuh.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.