Home » Uncategorized » Ratusan Honorer Pemkab Terancam PHK

Ratusan honorer di Pemkab Kepulauan Mentawai, terancam di-putus hubungan kerja (PHK). Ini dikarenakan tidak ada pengangkatan pegawai honor kategori dua. Namun tidak menutup kemungkinan untuk daerah yang anggaran belanja pegawainya di bawah 50 persen, ada penerimaan CPNS/CASN.

“Kategori dua itu, tidak ada. Namun, kita ada peluang membuka penerimaan CPNS/CASN karena anggaran belanja pegawai Mentawai hanya 35 persen,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kepulauan Mentawai, D Lubis Sabelau.

Menurutnya, untuk membuka penerimaan CPNS/CASN harus melalui analisi jabatan, beban kerja dan evaluasi jabatan. Setelah hal itu dilakukan, maka disusunlah formasi untuk kebutuhan selama lima tahun mendatang. Semua itu berdasarkan aturan dan tidak sekadar menerima tanpa ada pedomannya.

Saat ini, tercatat masih ada 305 pegawai honor di Mentawai yang belum diangkat sebagai CPNS/CASN. Pegawai honor tersebut masih terus mendatangi kantor BKD untuk mengajukan berkas dengan harapan bisa diangkat sebagai CPNS/CASN. “Jadi sekarang pegawai honor yang masih datang mengantar berkas ke kantor BKD tidak ada jaminan untuk diangkat sebagai CPNS/CASN. Sebab, pengangkatan pegawai honor kategori dua, memang tidak ada. Dan semua itu tergantung kepada pemerintah daerahnya, mau dipakai atau di-PHK,” tegasnya.

Meski tidak ada jaminan, namun pihak BKD tidak pernah melarang bagi pegawai honor yang dimaksud kategori dua itu untuk mengajukan berkasnya. Hal yang penting, para pegawai honor tersebut dapat memahami dan jangan kecewa jika tidak diangkat sebagai CPNS/CASN. “Tidak mungkin saya menolak berkas mereka. Tapi saya hanya mempersilakan mereka untuk mengajukan berkas pegawai honornya, meski tidak ada jaminan.

Semua ini kita informasikan agar tidak ada salah paham di kemudian hari,” pungkasnya.
Berdasarkan hasil database terakhir, pegawai honor di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang akan diangkat sebagai CPNS/CASN sebanyak 60 orang. Awalnya, jumlah pegawai honor kategori satu itu sebanyak 71 orang. Namun setelah dilakukan verifikasi, hanya 60 orang yang bisa diangkat sebagai CPNS/CASN secara langsung. “Berarti ada 11 pegawai honor yang tidak diangkat karena setelah dilakukan verifikasi, berkasnya tidak sesuai. Jadi tergantung pemerintah mau pakai atau tidak,” jelas Lubis Sabelau.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.