Home » Uncategorized » Rekrutmen CPNS/CASN 2012 diperketat dengan konsorsium 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN&RB) Azwar Abubakar mengingatkan agar penerimaan CPNS/CASN 2012 tidak diwarnai dengan korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) maupun politisasi. Karenanya, proses seleksi CPNS/CASN pun diperketat guna menghindari penyelewengan.

"Mulai tahun ini, seleksinya kita perketat. Soalnya disusun oleh konsorsium 10 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diketuai Rektor Universitas Gadjah Mada, Pratikno," kata Azwar dalam keterangan persnya, Jumat (24/8).
Dia berharap 10 PTN yang ditunjuk Mendikbud mampu melaksanakan tugas, terutama dalam penyusunan soal, koreksi, dan dapat bertindak independen. Dengan demikian, peserta tes CPNS/CASN yang lulus bukan karena ada titipan dari pejabat, tetapi benar-benar mampu melewati passing grade.
Kesepuluh PTN yang tergabung konsorsium PTN adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (Unand), dan Universitas Hasanuddin (Unhas).
Sedangkan materi test kompetensi dasar meliputi unsur-unsur kebangsaan, intelegensia umum, karakter pribadi, dan integritas. Pelaksanaan ujian seleksi penerimaan CPNS/CASN menurut rencana akan dilaksanakan serentak pada  8 September 2012 di lebih dari 200 titik.
"Penerimaan CPNS/CASN seyogianya diperuntukkan bagi sekitar 600 kementerian, lembaga dan pemerintah daerah. Namun kenyataannya hanya 23 kementerian dan lembaga serta 25 pemerintah daerah yang memenuhi syarat melakukan penerimaan CPNS/CASN tahun ini," tandasnya



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 5 Responses So Far. »

  1. Puji Tuhan seleksi tes CPNS mulai thun ini dan tahun-tahun berikutnya di instansi pusat maupun daerah, akan diadakan secara ketat dan murni gak ada lagi tuh, yang namanyanya kakenya pejabat, bapaknya pejabat, omnya pejabat, keluarga pejabat main nitip2 nomor, nitip anak…:D

  2. masa iya pak, diLampung barat skrg udah ada kok yang setor kepejabat untuk tes cpns K2…

  3. rekruitment pns yang sarat KKN dan politisasi bisa menciptakan kondisi pemerintahan dan negara tidak maju!.

  4. rekruitment pns harus steril dari KKN dan politisasi karena bisa menciptakan pemerintahan dan negara tidak populer!.

  5. ya memang harus fair,jadi tidak menyakitkan hati bagi yg hanya brmodalkan otak.