Home » Uncategorized » Rekrutmen Seleksi CPNS/CASN Belum Objektif

Rekrutmen CPNS/CASN yang berjalan selama ini dinilai belum objektif dan tidak transparan. Ini diakui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar.

Dia memberikan salah satu contoh di Kementerian Luar Negeri. Dari 10 ribu pelamar, yang diambil hanya 85 orang. Sayangnya dari jumlah yang lolos itu, hasilnya tidak sesuai harapan pemerintah, sehingga bisa menimbulkan rasa ketidakpercayaan terhadap birokrasi. Selain itu juga belum terbangun adanya budaya kerja.

“Untuk itulah ke depan penerimaan CPNS/CASN diserahkan ke kampus, sehingga bisa lebih terbuka dan objektif. Di samping sebagai tindak lanjut dari sembilan program penajaman dan percepatan reformasi birokrasi,” kata Azwar di Jakarta.

Ada 10 Perguruan Tinggi yang direkomendasi Mendikbud, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta (ditunjuk menjadi  ketua konsorsium), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Institut Pertanian Bogor (IPB). Kemudian Institut Teknologi Surabaya (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Andalas (Unan), dan Universitas Hasanuddin (Unhas).

“Dengan terbentuknya konsorsium tersebut, kalau ada daerah yang tahun ini melakukan rekruitmen CPNS/CASN, soal maupun mekanismenya sudah tersusun, sehingga pelaksanaannya dapat memenuhi harapan masyarakat, objektif, transparan, dan bebas dari KKN,” tuturnya.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 2 Responses So Far. »

  1. kepada Menteri Aparatur Negara,
    Saya Sangat setuju dengan adanya mekanisme baru dalam penerimaan CPNS,
    di samping itu saya mengusulkan kepada Kementerian Aparatur Negara agar setelah diterima menjadi PNS, harus juga ada penilaian dan pantauan
    Karena selama ini banyak PNS yang tidak produktif, karena mereka punya fikiran produktif dan ga produktif tetap digaji…dan seorang PNS tidak bisa dipecat…ini yang sangat merugikan negara.

  2. tolong kirimi saya cara pendaftaran CPNS untuk umum lewat email
    tanks sebelumnya