Home » Uncategorized » Satu PNS, Satu Pohon

Guna menghijaukan kota dan memperindah Kota, Bupati Maros, HM Hatta Rahman berencana membuat aturan dengan mewajibkan setiap PNS/ASN Pemkab Maros memelihara pohon. Dia menargetkan, satu pohon satu PNS/ASN. Hatta mengatakan, aturan ini sedang dirancang. “Kita sedang merancang aturan untuk mewajibkan setiap PNS/ASN memiliki satu pohon. Ini wajib seperti kewajiban PNS/ASN bisa membaca Alquran,” katanya.

Menurut Hatta, penanaman pohon merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencegah global warming. Apalagi selama ini, kata dia, semakin hari semakin banyak polusi udara yang akan memperburuk keadaan dunia. Dia berharap, dengan adanya kebijakan ini, setidaknya bisa menjadi sumbangan Maros pada dunia untuk mengurangi polusi udara.

“Kita sadar bumi semakin tua, sehingga butuh penyegaran, salah satunya adalah membuat penghijauan di mana-mana. Makanya kita berharap dengan adamya kebijakan ini, sedikit banyaknya bisa menjadi sumbangan pada dunia,” ujar Hatta.

Saat ini, lanjutnya, lahan untuk menanam pohon sedang disiapkan. Lahan itu akan dibagi berdasarkan SKPD. Dia mengurai, saat ini jumlah PNS/ASN di Maros ada 7000-an. Dan dengan jumlah itu, dipastikan Maros akan jadi hijau.

“Nantinya setiap SKPD akan disiapkan lahan untuk menanam pohon. Bahkan bila perlu, PNS/ASN tidak hanya diwajibkan tanam pohon di SKPD masing-masing, tapi juga di rumahnya,” katanya.

Apalagi, lanjut Hatta, dulu pernah digalakkan penanaman pohon. Satu rumah satu pohon. “Tapi itu untuk warga, sementara untuk PNS/ASN belum ada aturan. Kita berharap mereka mau melibatkan diri dalam menanam pohon,” singkatnya.

Anggota Komisi I DPRD Maros, Asmar H Uddin mengaku sangat mendukung program Pemkab itu. “Saya sangat mendukung program itu. Bahkan kalau bisa, satu PNS/ASN dua pohon,” katanya.

Program ini, kata dia sebagai salah satu perwujudan lingkungan yang asri, indah dan sejuk. Juga konsep ke depan, yang ingin memperbanyak ruang terbuka hijau. “Selain untuk kepentingan estetika kota juga untuk keseimbangan lingkungan,” tutur legislator yang juga mantan pencinta alam ini.

Dia juga menyarankan terkait penanaman pohon agar sebaiknya semua instansi bisa dihijaukan. “Malah saya usulkan agar semua instansi pemerintahan dan jalan-jalan utama perkotaan hingga ke desa-desa sebaiknya bisa dihijaukan dan dipenuhi pohon-pohon rimbun. Tapi tentunya harus tetap tertata dan teratur,” (rin)



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.