Home » Uncategorized » Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Harus Segera Melaporkan Kebutuhan CPNS/CASN

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Kab. Bandung Barat (KBB) diminta segera melaporkan hasil verifikasi kebutuhan calon pegawai negeri sipil (CPNS/CASN) 2011 ke Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) KBB. Permintaan pada SKPD untuk segera melaporkan kebutuhan CPNS/CASN karena Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberi deadline hingga Mei 2011 kepada daerah.

"Kita minta SKPD segera mengajukan kebutuhan. Laporan terakhir SKPD sedang melakukan inventarisasi," kata Kepala BKPP KBB, Wandiana, Senin (18/4).
Sebagai langkah menunjang pelaporan kebutuhan CPNS/CASN tersebut, BKPP telah melayangkan surat edaran ke setiap SKPD. Namun hingga kini belum ada SKPD yang melaporkan hasil inventarisasi kebutuhan CPNS/CASN 2011.
Dijelaskan Wandiana, pengajuan dari daerah kebutuhan CPNS/CASN sedang ditunggu BKN. Sedangkan BKN diminta Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi untuk segera menyelesaikan pendataan kebutuhan tersebut. "Intinya kita diminta untuk segera melaporkan kebutuhan CPNS/CASN. Kebutuhan yang kita sampaikan ke pusat merupakan akumulasi dari kebutuhan di SKPD," ujarnya.
Pendataan kebutuhan, didasarkan pada jumlah PNS/ASN yang pensiun, berhenti, meninggal, dan mutasi ke luar. Tercatat 294 PNS/ASN di KBB yang pensiun. Dari data tersebut, 228 orang masuk batas usia pensiun (BUP), 46 meninggal dunia aktif (MDA), dan 12 atas permintaan sendiri (APS) Bupati, dan 8 orang APS Gubernur.
Pendataan kebutuhan CPNS/CASN di lingkungan Disdikpora tampaknya merupakan pendataan yang membutuhkan perhatian khusus, terutama menyangkut kebutuhan tenaga guru. Disdikpora akan mendapatkan data kebutuhan dari setiap UPTD Disdikpora. "Disdikpora memang lebih kompleks dibandingkan dengan SKPD lainnya," katanya.
Pada tahun 2010, KBB mengajukan 1.485 CPNS/CASN dengan berbagai formasi. Namun pihak pusat hanya memberikan persetujuan sebanyak 179 orang. Kemungkinan besar, pengajuan CPNS/CASN 2011 ini tidak jauh berbeda dangan pengajuan pada 2010 lalu.
Sementara itu sehubungan dengan keberadaan tanaga honorer di lingkungan SKPD KBB, Wandi berharap tenaga honorer yang memenuhi persyaratan mengikuti tes CPNS/CASN 2011 bisa memanfaatkan kesempatan tersebut.
"Kesempatan testing bisa diambil oleh tenaga honorer apabila memenuhi persyaratan," katanya.
Sedangkan kelanjutan pendataan tenaga honorer berdasarkan Surat Edaran (SE) Menpan No. 5/2010 tentang pendataan tenaga honorer yang bekerja di lingkungan instansi pemerintah, masih menunggu peraturan pemerintah (PP) tentang tenaga honorer.
"Pendataan tenaga honorer telah kita lakukan. Tinggal menunggu bagaimana keputusan dari pemerintah pusat berdasarkan PP," katanya



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Is 1 Response So Far. »

  1. kapan atuh saya diangkat…PNS.. rinduuu sekaliiii