Home » Uncategorized » Segera Laporkan Kecurangan Pelaksanaan Seleksi CPNS/CASN 2012

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN&RB) Azwar Abubakar menyatakan, pelaksanaan tes CPNS/CASN yang diselenggarakan serentak hari Sabtu (8/9), secara umum berjalan lancar. Meski demikian ada sebagian peserta tes yang harus kepanasan karena testing diselenggarakan di Stadion Lebak Bulus Jakarta. Hal itu dikatakan Azwar ketika melakukan peninjauan di tiga lokasi penyelenggaraan tes CPNS/CASN, yakni di Badan Diklat kementerian Keuangan Kebayoran Baru, Stadion Lebak Bulus dan di arena PRJ Kemayoran. Dalam peninjauan itu, turut hadir Wakil Ketua Komisi II DPR Taufiq Effendi dan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Eko Soetrisno.

Azwar mengatakan, penyelenggaraan tes CPNS/CASN tahun ini dibuat sedemikian rupa agar bebas dari kecurangan, kebocoran soal maupun permainan uang.  “Yang penting, tes kali ini menjadi lebih bagus. Rekruitmen ini bukan hanya untuk mengurangi KKN, tapi  tak boleh lagi ada KKN. Kalau ada yang ketahuan melakukan KKN, langsung pecat,” tegasnya. Tes kompetensi dasar (TKD) yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia ini merupakan bagian dari rekrutmen CPNS/CASN 2012. Meskipun formasi untuk pelamar umum hanya sekitar 11 ribu, namun ternyata peminatnya membludak

Dikesempatan lain, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar pun mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan kecurangan saat pelaksanaan tes. "Pelaksanaan rekrutmen CPNS/CASN Sabtu kemarin, selain diawasi pemerintah juga oleh Indonesia Corruption Watch (ICW) dan kawan-kawan LSM lainnya. Jadi bagi masyarakat yang mengetahui ada penyimpangan, dapat mengadukan ke ICW, Ombudsman. Pengaduan juga bisa langsung ke saya, melalui email : pengaduan.CPNS/[email protected]," ungkap Azwar dalam keterangan persnya, Minggu (9/9).

Dia berharap, dengan pelaksanaan testing yang fair, ke depan anak-anak Indonesia juga mau belajar. Tidak menggantungkan pada koneksi pejabat, yang dulu bisa dibayar untuk meloloskan menjadi CPNS/CASN. “Tinggalkan itu semua, kita harus yakin bahwa penerimaan CPNS/CASN ini bisa bersih dari KKN,” tambahnya.
Namun diingatkan juga bahwa lapangan kerja bukan hanya PNS/ASN. Sebab, setiap tahun kurang dari 100 ribu orang yang bisa menjadi PNS/ASN. Ini berarti hanya satu orang Dari 30 pencari kerja yang bisa menjadi PNS/ASN, sehingga PNS/ASN harus mampu berpikir untuk 29 orang lainnya. “PNS/ASN bukan segala-galanga, masih banyak bidang lain yang lebih baik,” ujarnya.
Dia mengakui penerimaan CPNS/CASN tahun ini, hanya sedikit karena masih moratorium. Mudah-mudahan tahun depan bisa sekitar separuh dari yang pensiun. "Tetapi cara pelaksanaan tes harus seperti tahun ini, untuk menjamin keterbukaan dan akuntabilitas," pungkasnya



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 2 Responses So Far. »

  1. Tertib pak, cuma soal2 Tes, modelnya seperti mau masuk SMNPTN saja, pada era informasi dan kompetitip idealnya sudah lebih profedional, maklum pembuatnya para ahli teoritis bukan praktisi. Outputnya nanti akan menghasilkan pejabat yg lebih banyak berteori dari pada kerja nyata. maap ya pak saya mengkritisi bukan menjelek2an.

  2. kepada
    Yth Panitia seleksi CPNS
    Di Kemendiknas

    Mohon penjelasan apakah bisa mengikuti seleksi CPNS sedangkan nama Ema Madyaningrum,SKep.NS.,M.kes yang ikut seleksi CPNS di kemendiknas melalui UGM periode agustus 2012, sedangkan nama tersebut telah berstatus CPNS di Departemen Kesehatan khususnya di Rumah Sakit Umum Daerah Sragen Jawa tengah pada tahun 2004/2005. mohon di cek kebenarannya dalam mengisi data based tksh.

    Salam

    Haryanto