Home » Uncategorized » Seluruh Penerimaan Seleksi CPNS/CASN 2011 akan Digelar September 2011

Penerimaan CPNS/CASN 2011 direncanakan akan digelar pada September mendatang. Karena itu, seluruh instansi baik pusat maupun daerah diharapkan sudah bisa menyiapkan estimasi rincian formasi kebutuhan CPNS/CASN.  Hal ini dimaksudkan agar target jadwal penerimaan CPNS/CASN bisa terealisasi. “Kita berharap tahun ini penerimaan CPNS/CASN-nya lebih cepat waktunya. Karenanya kami minta terutama pemerintah daerah lebih proaktif,” kata Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan&RB) Ramli Naibaho, Selasa (5/4).

Ditambahkan, pada Mei mendatang kuota CPNS/CASN secara nasional akan ditetapkan. Selanjutnya, kuota itu akan dibahas bersama DPR RI pada Juni tahun ini guna penetapan angka pastinya. Namun, paling tidak daerah sudah punya gambaran formasi apa saja yang dibutuhkan pada tahun ini.

“Jangan nanti tunggu penetapan kuota baru susun formasinya. Karena imbasnya pasti pengajuan ke pusat terlambat. Pemda sudah harus melakukan analisa apa saja formasi yang dibutuhan, sehingga begitu kuota masing-masing daerah keluar, pemda secepatnya bisa mengajukaan rincian formasinya ke Kemenpan&RB,” terang Ramli.

Ditanya formasi apa yang akan diprioritaskan tahun ini, Ramli menegaskan bahwa hal itu tergantung pada kebutuhan daerah. Namun dari pengalaman sebelumnya, yang banyak menyita formasi adalah guru, tenaga kesehatan dan penyuluh.

“Formasi guru, tenaga kesehatan, dan penyuluh setiap tahun selalu ada. Ketiganya juga jatahnya lebih banyak. Di samping tenaga teknis lainnya,” ungkapnya.

Sebelumnya Ramli mengatakan, hingga 31 Maret lalu baru 50 persen daerah yang telah mengajukan jumlah kebutuhan pegawainya. Kemenpan&RB telah mengajukan usulan kuota CPNS/CASN maksimal 250 orang. Pemerintah dalam hal ini Kemenpan&RB dan Kemenkeu menargetkan pada Mei mendatang sudah ada penetapan kuota CPNS/CASN secara nasional.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 15 Responses So Far. »

  1. lebih cepat lebih baik…..
    tapi klu boleh, tahun 2011 penerimaan yg lebih jujur dan adil..
    jangan ada lagi CPNS bayaran, kekeluargaannn, dsb…
    HARAP BKN lebih jeli lagi melihat hal ini, thanks.

  2. hapus segala macam suap dan kekeluargaan, penitipan nama dan hal2 yg tidak seportif lainya,,

  3. berikan pkerjaan kpd orng2 yg berpotensi siap pkai…
    jngn coreng lg nama PNS di Indonesia(khususnya Bali)….
    yang adil donk pak,,,
    jngn asl2 trima pgawai sja baru ada uangnya….liat yg dbwh msh bnyak orng yg lbh pntar bkan skedar jual tmpang ato siapa kluarganya….

  4. ditunggu buanget infony

  5. apa penerimaan cpns departemen sama pemda jadwalnya masih berbeda seperti tahun kemaren????

  6. mudah2an gak peke byar ampe ratusan juta kl mo lulus tes cpns, lebih jujur dunk…jgn smpe dimanipulasi sm oknum2 pejabat pemerintah, mo jd pns aja harus jual swah…..siapa yg kya dia yg jd pns….yg miskin…kelaut aja….kyk pungguk merindukan bulan….gak kan prnh kesampean kl crnya trus sperti itu.

  7. Pa, tolong dong untuk seleksi CPNS agar transparan, jangan harus pake Uang untuk lolos CPNS. kasihan kepada yang benar-benar mempunyai kemampuan di bidangnya, karena tidak mempunyai uang tidak lolos, tetapi yang tidak mahir dalam bidangnya dan tidak bekerja hanya kesehariannya dirumah saja dan hanya punya ijazah yang sesuai dengan formasi, karena punya Uang bisa lolos. apakah ini yang dinamakan DEMOKRATIS??? Sumpah Demi Allah kalau terus-terusan seperti ini, maka bangsa Indonesia akan hancur, karena diatur dan diurus (Para Pekerjanya) tidak ahli atau tidak sesuai dengan Bidangnya. Coba aja lihat pasti para pekerjanya akan lebih pintar korupsi dari pada bekerja, karena awal mula mau kerjanya pake DUIT, pasti yang ada dalam pikirannya bagaimana caranya balik modal. bekar NEBUS SK. ingat….ingat…. Para pemimpin akan ditanya pertanggung jawabannya nanti di Hadapan Allah SWT. mau Syurga atau Neraka ?? Sok Pilih pa….. Matur Nuhun

  8. ass. Bpk n Ibu yg tgani mslh honorer kategori II smga tketuk hatinya utk mengshkan PP yg mnjadi pnghmbt kmi jd PNS.ingtlah budi baik akn berbls baik,jd mhn upyakan kami yg mnanti pngangkatan in.smga amal baik org2 yg bntu spapun orgx akan mndapt surga kelak.Amin

  9. harapan kami sebagai orng kecil jangan sampai ada istilah 3D Dulur Deket Duit…
    bersikap adillah jangan ada suap menyuap apalagi jawa barat parah toh!!! tpi itu cuma harapan kmi semoga tahun sekarang lebih bersih ya?

  10. formasinya agak dperbanyak dong untuk teknik informatika,,terutama d kabupaten rokan hulu

  11. boleh tanya;;;apa uda pasti bulan september 2011… jadwalnya kapan yaa ;;; dalam cpns ; penerimaanya harus terbuka dan jujur;;jangan ada kecurangan dan diskriminasi…kepada;BKN”” harus jeli dalam membuat data terutama dalam kepegawaian,,,,an tidak ada unsur KKN…. trims.

  12. terus terang aku gak ada minat jd pns, masih banyak kerjaan yg lebih menantang dari pada PNS, mending jd wirswasta. hehe.he

  13. Gimana lagi saya sendiri honorer yang berada dilingkungan swasta sebagai GTT dan PTT… PTT sejak 1994 dan GTT sejak 2004…padahal saya dan beberapa teman waktu itu dah mengirim berkas sebanyak 2 kali sebelum pembagian wilayah (waktu itu masih di BKD Kabupaten Nias) dan dah ditanya ke BKD kota tapi katanya belum ada realisasi…ooh bagaimana ni umur kita jga dah kepala 3 he…he.. tolong dijejaki berkas kami di BKD kota Gunungsitoli donk…

  14. Kalw boleh usul, buat yg fakultas fisip (ilmu sosial n politik) khususny jurusan antropologi…di perhitungkan juga lah… kasihan kami yg ambil jurusan antropologi, mau di kemankan ijazah kami…pas PNS tahun 2010,jurusan antropologi cuma 1 yg dibutuhkan di setiap kabupaten, kalw paling banyk 3 lah, bahkan ada yg tidak membutuhkan ilmu antropologi, jadi kalw bisa untuk tahun ini diperbanyak lah..biar kami punya kesempatan untuk memanfaatkan ilmu kami dipemerintahan atw dimasyarkt. selain itu harapan saya jangan ada unsur kkn lah, berilah kepercayaan kepada kami yg memiliki skill bukan uang…terima kasih banyak…

  15. saya adlah sbagai masyarakat biasa sangat2 mengharapkan peran aktif pemerintah terkait dalam pengawasan dgn serius atas penyelenggaraan penerimaan CPNS 2011/12 yg akan dtang, kami dari masyarakat miskin yg krang mampu sering trabaikan bla kami ikut sleksi CPNS krena kami tdk bsa membayar sjumlah uang untuk bsa lolos..dgn ini sy sarankan kpd pemerintah tuk memonitoring langsung penyelenggaraan sleksi penerimaan CPNS disetiap daerah dan bner2 penyaringan yang murni demi kebaikan negeri ini ?!smoga