Home » Uncategorized » Separoh CPNS/CASN 2010 Belum Kantongi NIP

Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS/CASN) hasil pengadaan 2010 ternyata banyak yang belum mengantongi Nomor Induk Pegawai (NIP). Data Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyebutkan, total NIP yang diterbitkan hingga Oktober 2011 untuk CPNS/CASN pusat dan daerah sebanyak 149.626 pegawai. Padahal kuota CPNS/CASN 2010 yang disiapkan pemerintah adalah 300 ribu orang. Rinciannya, 225 ribu CPNS/CASN daerah, 75 ribu untuk pusat.

Data BKN juga menyebutkan, CPNS/CASN pusat yang sudah mengantongi NIP sebanyak 44.548 dari usulan 44.659 orang. Sedangkan daerah, usulannya 106.611 dan yang ditetapkan 105.078. Itu berarti dari kuota 300 ribu CPNS/CASN yang disiapkan pemerintah, banyak bolongnya alias tidak terisi.

Lantas apa komentar BKN? “Memang yang kita terbitkan NIP-nya baru 149.626 pegawai. Jadi tidak sampai setengah dari kuota yang disiapkan pemerintah,” kata Wakil Kepala BKN Eko Sutrisno di kantornya, Rabu (26/10).

Banyaknya kuota yang tidak terserap, terang Eko, disebabkan beberapa hal. Di antaranya, formasi yang disiapkan tidak ada pelamarnya, daerah menolak untuk pengadaan CPNS/CASN, dan ada masalah selama seleksi.

“Yang paling banyak ya masalah pengadaan CPNS/CASN. Ada puluhan daerah yang bermasalah sehingga mempengaruhi proses penerbitan NIP,” tuturnya.

Adapun daerah yang bermasalah itu adalah Sumut (4 kabupaten), Kalteng (4 kabupaten/kota), Kalbar (1 kabupaten), Jatim (4 kabupaten/kota), Sulut (3 kabupaten), Sulsel (1 kabupaten), Sultra (provinsi dan seluruh kabupaten/kota), Maluku (1 kota), Jambi (provinsi dan beberapa kabupaten/kota), dan Bengkulu (1 kabupaten).

“Selama masalah di daerah-daerah itu tidak diselesaikan, BKN tidak akan menerbitkan NIP. NIP akan dikantongi CPNS/CASN kalau semuanya clear,” tegasnya.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.