Home » Uncategorized » Setiap Tahun 150 Kursi PNS Kosong

JAKARTA–Pemerintah akan tetap melakukan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS/CASN) setiap tahunnya. Meskipun ada dorongan dari berbagai pihak agar pemerintah mengurangi penerimaan CPNS/CASN, faktanya kebutuhan CPNS/CASN tetap saja kurang setiap tahunnya. Deputi Kemenpan&RB Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Ramli Naibaho mengatakan, dibandingkan dengan sejumlah negara tetangga lainnya, jumlah PNS/ASN di Indonesia masih kecil.

“Di Malaysia saja aparaturnya empat persen dari jumlah penduduk, Singapura 3,7 persen. Sedangkan Indonesia hanya sekitar dua persen, sehingga masih kurang,” kata Ramli Naibaho di kantornya, Jakarta, Selasa (22/6).

Dijelaskannya, tiap tahun ada 150 kursi PNS/ASN yang kosong. Karena ada yang pensiun, meninggal, diberhentikan, dan lain-lain. Jika pemerintah tidak merekrut CPNS/CASN untuk mengisi kursi kosong itu, menurut Ramli, pemerintahan akan timpang karena satu PNS/ASN melayani banyak warga.

“Pemerintah menargetkan jumlah PNS/ASN di Indonesia 2,2 persen dari total penduduk. Saat ini jumlah PNS/ASN kita 4,5 juta, jadi masih kurang,” tuturnya. Ditanya, apakah tahun ini pemerintah hanya akan menerima CPNS/CASN 150 ribu saja, Ramli mengaku belum tahu. “Wah, itu saya belum tahu,” ucapnya.

Dia menyatakan, pihaknya sudah mengajukan usulan ke Menkeu mengenai kebutuhan anggaran untuk menggaji PNS/ASN yang baru. Namun usulan tersebut masih akan dibahas lagi dengan DPR RI, apakah anggaran yang ada mencukupi untuk membiayai gaji PNS/ASN baru. Sebelumnya Sesmenpan&RB Tasdik Kinanto mengatakan, pemerintah menargetkan formasi CPNS/CASN 2010 sekitar 350 ribu. Di mana proporsi antara honorer dan pelamar umum, adalah 30 persen dan 70 persen. (zun)

26 Juni 2010



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.