Home » Uncategorized » Sudah Ribuan Tenaga Honorer DKI Yang Diangkat CPNS/CASN

Untuk meningkatkan kesejahteraan para tenaga honorer di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, secara bertahap dilakukan pengangkatan para tenaga honorer menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS/CASN). Tahun ini, hingga Oktober, sebanyak 10.576 tenaga honorer dari total tenaga honorer angkatan pertama sebanyak 11.169 telah diangkat menjadi CPNS/CASN DKI Jakarta. Saat ini, Pemprov DKI Jakarta juga tengah memproses 593 tenaga honorer untuk menjadi CPNS/CASN DKI Jakarta yang diharapkan rampung akhir tahun nanti.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi DKI Jakarta, Budhihastuti mengatakan, dengan adanya moratorium PNS/ASN atau kesepakatan penundaan pengangkatan PNS/ASN di lingkungan Pemprov DKI Jakarta, memberikan waktu kepada BKD DKI untuk berkonsentrasi pada pengangkatan tenaga honorer. Setelah dilakukan analisa jabatan beban kerja, Pemprov DKI Jakarta, dikatakan Budhihastuti, membutuhkan banyak pegawai, terutama di jabatan guru dan dokter. Karena itu, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 48 tahun 2005 tentang Pendataan Tenaga Honorer, tercatat 11.169 tenaga honorer di lingkungan Pemprov DKI Jakarta akan diangkat sebagai CPNS/CASN.

“Mereka diproses oleh Badan Kepegawaian Nasional, diteliti persyaratan administrasinya seperti satu tahun masa kerja, bekerja secara terus menerus dan usia memenuhi syarat atau tidak. Saat ini, mereka yang sudah CPNS/CASN, tengah menunggu prajabatan untuk dapat diangkat 100 persen menjadi PNS/ASN,” ujar Budhi di Balaikota DKI, Jakarta, Kamis (13/10).

Setelah pengangkatan 11.169 tenaga honorer tersebut rampung, selanjutnya Pemprov DKI Jakarta akan melanjutkan pengangkatan tenaga honorer berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB) Nomor 5 Tahun 2010 tentang Pendataan Kembali Tenaga Honorer di Lingkungan Pemerintahan Daerah.

Karena moratorium PNS/ASN DKI Jakarta hanya berlangsung satu tahun, selanjutnya di tahun 2012 Pemprov DKI Jakarta akan membuka kembali penerimaan CPNS/CASN. Saat ini, penyusunan dan identifikasi untuk kebutuhan formasi PNS/ASN tengah dilakukan BKD DKI Jakarta.

Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) DKI Jakarta, Catur Laswanto mengatakan, umumnya CPNS/CASN yang mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) prajabatan harus bekerja maksimal dua tahun. Selama itu, mereka akan dipantau dan dievaluasi kinerjanya serta bertindak sepatutnya selama menjadi CPNS/CASN. Jika dinilai layak, mereka bisa mengikuti diklat prajabatan.

Saat ini, total CPNS/CASN di DKI Jakarta sebanyak 13.328 orang, dan yang telah mengikuti diklat prajabatan di tahun 2010 mencapai 4.590 orang. Sedangkan dari Januari hingga Oktober 2011 ini, sudah ada 8.180 CPNS/CASN yang mengikuti diklat prajabatan. “Kami mempercepat waktu pemantauan CPNS/CASN untuk bisa mengikuti diklat prajabatan. Jumlah CPNS/CASN yang mengikuti prajabatan di tahun ini merupakan jumlah yang terbanyak di seluruh daerah di Indonesia. Artinya, DKI Jakarta sangat peduli terhadap status CPNS/CASN untuk diangkat menjadi PNS/ASN,” kata Catur. ref : berita jakarta



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.