Home » Uncategorized » Tahun 2013, Formasi CPNS/CASN untuk Guru Wajib Memiliki Sertifikat Pendidikan Profesi Guru (PPG)

Proses pendaftaran guru Pegawai Negeri Sipil (PNS/ASN) rupanya mendapat perhatian khusus dari Pemerintah. Disebabkan oleh timbulnya rasa prihatin pada kemampuan sebagian besar guru saat ini yang rendah, maka Pemerintah mencanangkan persyaratan baru pendaftaran guru PNS/ASN dengan harapan untuk merekrut guru PNS/ASN berkualitas wahid di tahun mendatang.

Kriteria yang bakal diterapkan tahun 2013 yaitu dokumen atau ijazah kelulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG), sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh : โ€œDengan skema baru ini, untuk menjadi guru, baik PNS/ASN maupun non-PNS/ASN tidak cukup hanya dengan ijazah S.Pd (sarjana pendidikan),โ€.

Prinsip tersebut mengadopsi seleksi dokter PNS/ASN. M. Nuh menjelaskan bahwa agar diterima menjadi dokter PNS/ASN, pelamar atau pendaftar tes CPNS/CASN tak bisa hanya bermodalkan ijazah sarjana kedokteran (S. Ked). Namun, mereka juga harus mengikuti pendidikan profesi dokter selama satu tahun.

Tata aturan terbaru mengenai persyaratan guru PNS/ASN, sedang digodok oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) selaku pelaksana teknis seleksi CPNS/CASN baru.

Program PPG ditempuh ketika seseorang sudah menyelesaikan program sarjana pada FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) atau semacamnya. Apabila berminat menjadi guru PNS/ASN, maka mereka wajib mengikuti PPG yang diselenggarakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Akan tetapi, tak semua sarjana FKIP yang mendaftar di LPTK pasti diterima serta berhak ikut PPG. LPTK tetap bakal menjalankan seleksi CPNS/CASN secara ketat karena daya tampung rekrutmen dibatasi.

Para sarjana FKIP juga akan bersaing secara terbuka terhadap sarjana-sarjana fakultas lainnya untuk masuk LPTK. Contohnya : Demi menjadi guru matematika, para sarjana FKIP bakal bertarung dengan sarjana fakultas MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alama). Dan itu juga yang terjadi pada guru ekonomi, sarjana FKIP juga akan bersaing dengan sarjana fakultas ekonomi (FE).

Posisi tenaga pendidik atau guru memang idealnya diisi oleh para sarjana FKIP. Akan tetapi, apabila tingkat kompetensi sarjana FKIP jauh di bawah sarjana fakultas lainnya, tentu saja tak bisa dipaksakan mengajar.

Calon guru PNS/ASN akan mendapatkan sertifikat sebagai guru profesional setelah mengikuti proses PPG selama satu tahun. Sertifikat tersebut kedepannya harus dilampirkan sewaktu yang bersangkutan akan melamar menjadi guru CPNS/CASN. Dengan sertifikat tersebut serta ditambah pengalaman mengajar selama 24 jam pelajaran per pekan, guru bersangkutan berhak mendapatkan tunjangan profesi pendidik (TPP).

Apabila wacana seleksi CPNS/CASN khususnya perekrutan guru PNS/ASN profesional tersebut berjalan secara sistematis serta lancar, beliau yakin bahwa kualitas guru-guru Indonesia bisa beranjak naik. Nuh pun menegaskan bahwa posisi PPG ini strategis, sebab merupakan proses substitusi program sertifikasi guru yang saat ini sedang berjalan.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Are 46 Responses So Far. »

  1. Mohon impormasi tentang rekrut cpns lotim trimksh…..

  2. ladang kkn baru, orang akan melakukan segala cara untuk masuk LPTK demi mendapatkan sertifikat agar dapat diangkat jadi cpns

  3. Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI).

    mo nanya nie.?? g mana caranya sarjana yang belom mengajar mendapatkan PPG yang diselenggarakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), sedangkan sekarang PPG hanya boleh di ikuti tenaga guru pns yang aktif? apakah ada untuk umum? . dan klo seandainya sudah mengukuti PPG yang diselenggarakan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dan lulus, apakah langsung di angkat jadi guru pns?

  4. Assalmualaikum.Wr.Wb Salam Sejahtera Untuk semua.
    saya Akhmad Lukman Hakim Guru BK Wiyata Bhakti SMA Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal. Saya mau tanya kenapa Program PPG boleh diikutkan pada Sarjana-sarjana yang non Pendidikan? padahal dengan demikian akan memepersempit lapangan pekerjaan bagi Sarjana Pendidikan.

  5. Kasian dong guru honorer yang gak punya uang, kalo harus kuliah lagi. Padahal gaji honorer kan minim

  6. makin ribet nti banyk yg males buat kuliah klo toh utk msuk krjany mst ada hal yg lain

  7. wah kebijakannya ko kurang bijaksana ya??? trus gimana nasib lulusan terdahulu yang blm punya PPG??? trus Lowongan Pendidik bisa di isi oleh sarjana Umum…? padahal lulusan S.Pd selalu ditolak ketika melamar pekerjaan dengan Lowongan sarjana umum…

    mohon Bapak2 yang membuat kebijakan memikirkan dulu masak-2. ikut PPG jg butuh waktu dan biaya. Jika kompetensi guru sekarang kurang. harusnya kalian benahi dulu di dalam. mungkin pengadaan diklat atau khursus. apalagi konsep PPG kan belum matang, dan masih banyak lulusan S.Pd. yang belum berkesempatan mengabdi pada negara.

  8. peraturan baru, berbelit belit, efeknya calon gurunya semakin cerdik untuk memperoleh posisi pekerjaannya, bukan pengabdian mengajarnya…

  9. sangat tidak adil, semua bidang bersaing..misalkan MIPA bisa ikut, rugi FKIP dari segi waktu..kuliah kebanyakn matak kuliah pendidikan,,tidak seperti mipa full mata kuliah jurusannya,,lebih baik jurusan FKIP dibubarkan saja pak muhammad huh..sudah ada bidang masing-masing..jadi yang diperbaiki itu tesnya pak..soalnya…jadi untuk tau seseorang kompeten dibidang matematika, maka soalnya bidang matematika,,knapa?/ karena dia akan mengajarkan matematika..
    jangan soalnya kebanyakan tatanegara..mengenai administrasi itu hanya prosedur,,yang penting guru itu kuat dari segi materi di bidangnya dan pandai mengajar dengan menguasai psikologi pendidikan..contoh saja tentor-tentor di bimbel yang besar….

  10. kalau sistemnya begitu tutup saja fakultas ilmu pendidikan yang ada di perguruan tinggi, dengan sistem itu fakultas ilmu pendidikan tidak ada gunanya

  11. kapan tunjangan profesi guru khusus untuk guru non pns catur wulan ke dua dicairkan?dimana letak keadilan antara guru swasta dan negeri,,guru negeri sdh menikmati hasilnya kok kenapa buat guru swasta tersendat terus,tks

  12. pemerintah mulai edan dengan segala kebijakan2 dan proyek demi duiiit!
    Bagi lulusan FKIP ini sangat merugikan! Bgaimana tidak, harus bersaing dengan fakultas lain! Bandingkan saja, FKIP bhs indo vs sastra indo!! Dimana fkip bhs indo mendapat matakuliah indo dengan ketrampilan mengajar, mendidik yg memang ditujukan pada mencetak sarjana keguruan yg siap kerja! Nah sekarang harus melawan sastra indo yg memang belajar full sastra indo, gak ada PPL, gak ada micro teaching dan mata kuliah teknik mengjar. Secara pengetahuan, sastra indo lebih luas karena full belajar sastra! Sedangkan mata kuliah di fkip bhs indo lebih condong ke praktik dan teknik mengajar.
    Nah kalo begini, apa gunanya FKIP toh ujung2nya begini!

    Harusnya pemerintah lebih serius membina FKIP demi tujuan menghasilkan lulusan sarjana keguruan yg handal dari pada membuat kebijakan money factory yg licik!

    Persaingan sih persaingan, tapi kalo persainagn seperti ini, peluang kerja lulusan fkip sangat sempit dan akhirnya s.pd menjadi s.p saja (sarjana pengangguran)

    ๐Ÿ™

  13. nah, sekarang habis lululs fkip harus masuk lptk?? lptk itu gratis apa bayar bro??
    Ada – ada aja nih kebijakan kyak gini!! Ladang baru nih
    Perintah Indonesia jaman sekarang memang pintar dalam memebuat kebijakan ! UUD ๐Ÿ˜€

  14. tesnya kpan?

  15. bisa di demo bareng bareng semua fakultas fkip seluruhperguruan tinggi seindonesia ni.

  16. Jdi percuma dong serius study di FKIP. Bukn PPG yg mnjamin Pengajar PNS di Negara kita berkualitas! Tpi kejujuran dan keadilan dari para penyeleksi dan penentu kelulusn dri para peserta CPNS yg telah mengikuti ujian-ujian seleksi CPNS dri tahun-tahun kemarin dan seterusnya. Sayangnya kejujuran dan keadilan itu dng mudahnya dijual dng harga puluhan JT, dng duit hampir kurang lebih 90% CPNS di Indonesia lulus krn duit bukan krn kualitas dari usaha, kerja keras, dan skill yg ia miliki.

  17. gw heran sama pemerintah.. ngaku2 orang cerdas, tp klo gw liat2 lebih banyak yg ga ada otaknya. anjing lah….

  18. kebijakan apa lagi ini…kalo benar serius ingin meningkatkan kompetensi guru…gak prlu lah diadain PPG..borosin biaya dan bs jdi lahan subur praktek korupsi tuh..
    lagian ini kebijakan justru membuat blunder bagi dunia pendidikan…
    bisa saja seseorang yang tidak punya basic keguruan menjadi seorang guru karena berhasil ikut PPG…..
    yang punya basic pendidikan guru aja banyak gak bener ngajarnya apalagi yag gak punya basic pendidikan guru…..hadeuh….

    apa bedanya kuliah di FKIP ma di luar FKIP ya…..??????

  19. Pendidikan profesi guru memiliki tujuan yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas pendidik di Indonesia. Namun, fakultas lain selain fakultas pendidikan sebaiknya tidak diperkenankan mengikuti program profesi guru karena ini justru akan menurunkan kualitas pendidik di Indonesia. Tentu akan berbeda hasilnya antara pendidik yang bersekolah di fakultas pendidikan selama 4 tahun (yang jelas-jelas belajar cara mengajar selama 4 tahun) dan pendidik yang bersekolah di fakultas non pendidikan (yang hanya belajar mengajar selama 1 tahun pada pendidikan profesi guru). Tolong pertimbangkan hal ini, karena masa depan generasi penerus kita ada di tangan para pendidik. Pendidik diharapkan tidak hanya pandai dan berpengetahuan luas, namun juga harus mampu memberi teladan kepada peserta didik.
    Apabila akan mengadopsi pendidikan dokter, adopsilah secara keseluruhan. Pada pendidikan dokter, hanya sarjana kedokteran yang berhak mengikuti pendidikan profesi dokter. Pendidikan profesi dokter tidak boleh diikuti oleh sarjana keperawatan, sarjana kedokteran gigi, sarjana farmasi, maupun sarjana lainnya.

  20. sing gawe aturan mikir,,,,,,,,

    sak uni2ne dewe…..

  21. Hal ini tidak menjamin akan kualitas dan mutu pendidikan. Malah mungkin akan banyak timbul kecemburuan2, terutama di kalangan bersangkutan. Klo mesti menggunakan PPG, kenapa tidak sekalian saja digabung dengan program kuliah S1, agar berkesinambungan. klo seperti ini kn sama saja menyusahkan, terutama “fresh graduated”. Ingat, tiap tahun banyak sarjana2 pengangguran yg bertebaran. Bisa kah pemerintah mewadahi mereka semua?
    Takutnya klo banyk sarjana “nganggur”, akan timbul stigma masyarakat : “Untuk apa kuliah, toh ujung2nya juga jd pengangguran”…
    Bisakah pemerintah menjawab semua keluhan ini??????

  22. Bagus biar lebih adil, memang hanya lulusan FKIP aja yg berkesempatan jadi PNS..
    Lulusan FKIP belum tentu lebih baik dari lulusan umum..
    Saya dukung..
    Makanya lulusan FKIP jangan hanya ngandelin jadi PNS aja, cari bidang lain dong bos..
    rezeki itu luas bos..

  23. Pemerintah bener-bener EDIAN, guru harus PPG lagi, memang beban tanggung jawab guru mengajar dan mendidik masih kurang banyak?? terus apa fungsi FKIP diadakan, TUTUP SAJA! pemerintah tidak ada bedanya dengan penjajah dan lintah darat!

  24. kalau seandainya ada guru yang tidak berkualitas…, itu masalah terletak pada sistem perekrutannya bukan pada s.pd saja atau ppg…, saya sebagai s.pd sangat tidak setuju dengan adanya cara yang seperti itu.., seharusnya s.pd lah yang berhak mengikuti seleksi guru PNS dan para s.pd tidak perlu harus mengikuti program ppg segala…..

    tentu ini sangat tidak adil karena s.pd harus ada ppg dan juga harus bersaing dengan lulusan dari fakultas lain…., bandingkan dengan sarjana kedokteran untuk mendapatakan sertifikat mereka hanya bersaing dengan sesama mereka …..sedangkan s.pd saingannya banyak ….

    dan juga mata kuliah yang ada di PROGRAM PPG itu semua sudah dipelajari oleh mahasiswa FKIP…. JADI UNTUK APA LAGI ADA PPG……

    SEANDAINYA SAJA PEMERINTAH MEMINTA PENDAPAT PARA S.PD PASTI 99% DIANTARA MEREKA TIDAK SETUJU DENGAN ADANYA PROGRAM PPG….

  25. 1. UNTUK MENDAPATKAN SERTIFIKAT DOKTER MAKA SYARATNYA ADALAH HARUS SARJANA KEDOKTERAN…, DAN LULUSAN LAIN TIDAK BOLEH

    2. UNTUK MENDAPATKAN SERTIFIKAT AKUNTAN MAKA SYARATNA SARJANA AKUNTANSI…., DAN LULUSAN LAIN TIDAK BOLEH

    3. UNTUK MENDAPATKAN SERTIFIKAT GURU SYARAT DARI LULUSAN MANAPUN

    DARI HAL TERSEBUT SUDAH MENUNJUKKAN ADANYA HAL YANG TIDAK ADIL

  26. kapan nihh pembukaan cpns untuk kota mataram ???
    tolong dong infonya
    jangan hanya buat kota bandung saja

  27. saya rasa ini tidak adil bagi kami yang lulusan FKIP,, tidak masalah jika lulusan fakultas lain memiliki Akta IV seperti yang diterapkan dulu.. Tetapi jika dari jurusan lain bisa menjadi guru kemudian yang lulusan FKIP mau dibuang kemana??

  28. Bgmn dgn sarjana science murni yang sudah mengambil akta 4 ? bukannya profesi tsb utk menggantikan pendidikan akta 4 ? kasihan deh yang sudah ambil akta 4 di akhir2 adanya akta 4. klo mau seleksi, apa tdk sebaiknya diberlakukan saja utk formasi guru, maka calon pelamar hrs mempunyai ijazah S.Pd atau S-1 plus akta 4 kemudian diuji kompetensi setelah seleksi administrasi (ujian cpns khusus guru) tentunya ujian disesuaikan dgn tingkat kompetensi, baru ujian cpns yang umum.
    jadi dibuat saja bertahap ujian tsb, diawali seleksi admin, kemudian seleksi kompetensi guru, seleksi cpns umum, klo perlu ditambahkan seleksi praktek ngajar. klo hrs wjib pke PPG td, trus yg sdh punya akta 4 hrs sekolah lg? mending dulu ga usah ikut akta 4 nunggu profesi guru saja… spt mubadzir. mgkn memang lemahnya kita adalah mendaur ulang yg sdh ada, shg krn tdk mampu daur ulang, pke yang baru saja

  29. Apa gak ada ya’,pemerintah indonesia mengoreksi serta mendaur ulang dirinya dlu sblum mendaur ulang org lain??Coba bercerminlah k negara lain bapak/ibu2 yg terhormat.Kenapa mereka bisa menghasilkan sdm yg memiliki potensi,tanpa program2 yg gak da gunanya n menghambur2kan uang??Sudahilah tabiat2 burukmu itu,krn itu akan membuat bencana saja bagi kami semua.

  30. FKIP lebih baik dihapus saja, buka saja fakultas yang ngajarin ilmu murni, kan fair sama-sama ikut PPG….. kasihan mahasiswa yang sudah dari awal harus memilih menjadi guru. Mahasiswa fakultas selain FKIP kan gengsi memilih pekerjaan guru, kalupun memilih itu pun karena tidak mendapat pekerjaan…. pekerjaan yang tidak menjajikan hidup mewah.

    rendahnya kualitas guru kan berkat peranan kebijakan pemerintah(gajih rendah, penuh resiko, dipandang sebelah mata, dll)…. setelah ada sertifikasi (gajih tinggi, dipandang dua mata terbelalak, tidak beresiko, dll), sekarang banyak siswa yang berbondong-bondnong masuk FKIP.

    alangkah bijaknya jika FKIP dibatasi menerima mahasiswa (seperti penerimaan taruna-taruna yang memiliki ikatan dinas). Penerimaan disesuaikan dengan kebutuhan dan bisa ditempatkan seluruh NKRI. tidak seperti sekarang, FKIP berlomba-lomba mencari mahasiswa namun pada akhirnya lebih 60% mesti rela untuk tidak bisa menjadi guru.

    dan aturan baru yang dibuat oleh pemerintah tentang sertifikasi guru makin dipersulit setiap tahunnya (tidak menentu), menandakan bahwa pemerintah belum siap membayar uang sertifikasi (TPG) yang lumayan besar…. (maklum jumlah guru kan banyak dan pangkat guru kan gol.IV/a.)

    PPG bukan solusi malah petaka bagi calon guru. harus bayar banyak… 12 s.d. 15 juta. dan kalo sudah lulus PPG, bagi yang belum PNS ya itu judi. bisa dianggkat bisa tidak. tergantung formasi yang disediakan.

    mudah-mudahan PGRI bisa banyak berbuat tidak cuman membeo kebijakan pemerintah yang merugikan guru.

  31. Bagaimana ini pemerintah makin tahun makin gila.bagaimana guru honorer mau ikut ppg sedangkan yang dproritaskan ppg adalah guru pns..betul2 prmainan..yg bpkx pemerintah ankx cpat jadi pns..

  32. yg peflu di pahami bhw lulusan non kependidikan u ikut ppg tdk mudah jalannya,, ada bbrapa tahapan matrikulasi yg hrs di lulusi br bs masuk kuliah,,, kalo mslh biaya pasti ada,, trus jmlh yg ikut ppg d sesuaikan dgn pmintaan daerah,, mis d kab A btuh 2 guru bio maka hanya 2 sj yg boleh ikut,,, n ppg dlm jabatan skrang d jatah,, tdk mudah ikut ppg,,, apalg yn ppg prajabatan,,,
    tdk ada yg namanya lap kefja menyempit,,,, poko’e tunjukkan kualitas dirimu yg lulusan fkip…

  33. OKI

  34. Untuk para guru WB jangan yang berkantung pas-pasan janganlah mengharap diangkat untuk jadi PNS karena PNS itu untuk orang yang berkantung tebal. Jika ingin kaya berniaga saja. Jika nggak percaya buktikan sendiri saja. Q berkata seperti ini karena q sudah mengalaminya……………….. karena untuk menjadi sukses kita ngga perlu jadi seorang PNS.

  35. Apabila lulusan dari non FKIP dapat mengikuti PPG, maka mereka tidak dapat memiliki 4 ketrampilan yg harus dimiliki guru.. karena ke-4 ktrampilan tsbt tidak dapat dimunculkan bgtu saja dlam waktu singkat… ke-4 ketrampilan tersbut telah dtempa oleh para dosen FKIP kpada mahasiswax sjak awal prkuliahan… Jd, untuk lulusan non FKIP boleh jd mreka dpt lo2s mngikuti PPG… tp apakah mreka dpat mngajar lbh baik???? itulah prtanyaanx skrg.. Sedangkan saat ini, para guru yg tlah sertifikasi& mengikuti UKG bnyak yg mendapat nilai rendah, itu krena sbgian bsar telah berusia di atas 40 thun..

  36. saya sangat menyesal kenapa bisa masuk ke namanya FKIP. seharusnya jika ada keterangan ini sebelum saya mengambil FKIP saya akan lebih memilih MIPA.

    terima kasih pemerintah terutama dinas pendidikan yang telah menjadikan usia saya selama 4 tahun di FKIP menjadi sia-sia belaka..
    ini sangat merugikan saya, dan saya rasa juga yang lainnya

    kami dari FKIP hanya bisa mengajar dan sekarang diserobot juga oleh fakultas lainnya???

    pernyataan “apabila tingkat kompetensi sarjana FKIP jauh di bawah sarjana fakultas lainnya, tentu saja tak bisa dipaksakan mengajar”
    pernyataan tersebut sangat melukai lulusan FKIP..
    percuma FKIP dibentuk di universitas jika universitas saja yang khusus untuk membentuk guru lulusannya dinyatakan dengan pernyataan itu.. saya setuju jika FKIP di seluruh indonesia untuk dibubarkan segera dan diisi saja oleh fakultas lainnya.. kasian dengan generasi baru ntar tersesat seperti saya

  37. pemerintah semakin pintar banyaknya lulusan fkip sekarang ada kebijakan seperti ini, ini hanya mempesempit kita para lulusan fkip menjadi pns…
    PPG ini kan pakai uang dan biayanya mahal, terus bagaimana kami yang hanya bisa sekolah samapai gelar S.Pd apa rumah yang akan di jual…
    kami tuh sekolah dari D2 terus ada kebijakan harus s1 kami melanjutkan lagi, ini apa lagi da kebijakan seperti ini…biaya sekolah tuh g murahhh sedangkan kami dapat honor di sekloah hanya 100 ribu, pa lagi yang harus kami jual…

  38. Salut………. buat para perancang kebijakan pendidikan yang ada di indoneisa, tapi sayang begitu banyak kebijakan yang buat tidak tepat sasaran dan kebanyakan hasilnya nol besar.. soalnya kebijakan di buat hanya untuk kepentingan para elit semata…..

  39. Bagaimana untuk guru tk berijazah D II PAUD yang telah menjadi Pengajar Tenaga Kependidikan Taman Kanak Kanak selama hampir 10 tahun dan memiliki NUPTK? Apakah diberi kesempatan menjadi CPNS pada tahun 2013?

  40. mohon informasikan tentang rekrut cpns guru di kota Pasuruan kpn??

  41. daripada ikut tes cpns, mendingan ikut judi togel. tes cpns hanya untuk orang yang berduit n anak pejabat.

    hidup togel………

  42. udah di bina 5 tahun kuliah.. itu pun belum cukup,.. klw gak niat buka CPNS gk usah di buka,.. buat-buat LPTK myusahkan orang az, klw kami lulusan FKIP kurang kompeten dlm mengajar kemudian lulus, jangan salahkan kami,.. salahkan itu universitas yg lulus kan mahasiswanya.. tutup itu universitasnya… Hidup ini memang belajar dari buaian ampe ke liang lahat,… Tapi Gak gini- gini juga kaleeeeee

  43. saya kurng setuju kalo lulusan FKIP di samakan dengan MIPA coba di pahami arti kata FKIP itu aja artinya Fakultas ilmu pendidikan….ya berarti memang harusnya jadi guru sedangkan MIPA itu apa???jelas beda lah…
    FKIP selama 4 tahun di ajari bgaimana mengajarkan materi.
    menurut saya belum tentu orang pintar dapat mentransfer ilmunya.
    kalo bgni caranya knapa ada FKIP? Tujuan FKIP itu sendiri ap si?bukankah untuk menjadi guru…..la ko sekarang ada orang yang bukan pada pekerjaannya malah bisa bekerja jd guru.
    pendidikan menurut saya sangatlah penting karena pendidikan menciptakan ilmuan, profesos, bahkan presiden….
    lantas siapakah yang mengajarkan kita bsa membaca memahami ini itu….kalo bukan seorang guru…
    menurut saya….saya setuju dengan PPG tapi dengan di khususkan dari FKIP dan biayanya pun jangan terlalu mahal….karena guru bukan dokter yang setiap minta bacain penyakit aja bayar…padahal guru pekerjaan tiap hari mendidik..mengajari sdkt dmi sdkt dengan penuh kesabaran..dan ga minta bayaran langsung ke siswa..dan dengan tanggung jawab yang tinggi agar si murid menjadi pintar.
    usulan saya boleh PPG TAPI khusus FKIP dan dengan biaya jgn mahal2…
    sekarang saja lapangan pekerjaan guru sudah sempit….jadi saya mohon kebijakan tersebut di pikirkan lagi.
    TERIMAKASIH…mohon maaf jika ada salah kata….semoga bermanfaat.

  44. Ini sudah biasa otak buat proyek2 baru kwantitasnya dulu diberesin diatur yg baik adil dan bijaksana baru kwalitasnya jangan otak korup2 terus dikembangkan gak bakalan bener negara ini kalo dikorup-korup terus………korupsi kok dipelihara???? yahhh tambah subur

  45. Welcome to Studio Plazma, Visit us on:

  46. My dream retirement involves traveling domestically and internationally to operate on environmental causes.