Home » Uncategorized » Terlalu Gendut, Rencananya PNS akan diPangkas

Ini jelas kabar yang tidak menyenangkan buat PNS/ASN. Pemerintah sedang mengkaji rencana pengurangan atau rasionalisasi para abdi negara tersebut. Soalnya, jumlah PNS/ASN yang ada sekarang, baik di tingkat pusat maupun daerah, terlalu gemuk.

Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Paskah Suzetta mengatakan, idealnya jumlah PNS/ASN, termasuk anggota TNI dan Polri, hanya sebanyak 1,6 juta orang. Kenyataannya, saat ini, jumlahnya mencapai 3 juta pegawai. ?Namun, kalau militer dan polisi sepertinya tidak mungkin kita kurangi,? katanya, Selasa (2/6).

Pemangkasan jumlah PNS/ASN merupakan salah satu upaya pemerintah dalam membenahi birokrasi. Cuma, bagaimana cara mengurangi angka pegawai negeri yang terlalu banyak itu masih terus digodok. ?Ada yang usul golden shake hand, ada juga secara alamiah, seperti pensiun. Kami masih mencari ini,? ujar Deputi Kepala Bappenas Bidang Politik, Hukum, Pertahanan, dan Keamanan Bambang Sutedjo.

Yang pasti, menurut Bambang, Pemerintah tidak akan semena-mena memangkas jumlah PNS/ASN. Kalau pemerintah memilih cara alamiah, pemerintah akan membatasi rekrutmen pegawai baru. Jika memilih sebaliknya, pemerintah harus memberikan uang pesangon.

Pemerintah berharap, program rasionalisasi PNS/ASN bisa berjalan secepatnya secara bertahap. Nantinya, pelaksanaan rasionalisasi akan di bawah koordinasi Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara. ?Namun, kami masih terus mempelajarinya karena itu bisa membuat guncangan besar,? kata Bambang.

Jika rencana pengurangan pegawai negeri tersebut sudah betul-betul matang, pemerintah baru akan melapor ke DPR. ?Sebab, ini menyangkut masalah politik juga,? ujar Bambang. Sebagai catatan, tahun ini, anggaran belanja pegawai mencapai Rp 143,5 triliun.

Sumber:

http://www.pengumuman-CPNS/CASN.com/



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.