Home » Uncategorized » Tiga Kementerian Ini Rawan Suap

Senin, 28 November 2011 | 12:12 WIB

TEMPO.CO, Jakarta – Hasil survei terbaru Komisi Pemberantasan Korupsi menunjukkan terdapat tiga kementerian yang masih melakukan transaksi suap. Mereka adalah Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Agama, serta Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

“Mereka belum melakukan perbaikan sejak 2009,” kata Wakil Ketua KPK M. Jasin saat mengumumkan hasil survei terbaru di kantornya, Senin, 28 November 2011.

Jasin mengatakan praktek suap terletak pada unit pelayanan masyarakat masing-masing Kementerian. Untuk Kementerian Tenaga Kerja pada layanan izin menggunakan tenaga kerja asing.

Adapun Kementerian Agama pada perpanjangan izin kelompok bimbingan ibadah haji serta pendaftaran maupun perpanjangan izin penyelenggaraan ibadah haji khusus. Sementara Kementerian Koperasi pada pelayanan data akses pasar domestik.

“Pencegahan korupsi masih sangat rendah,” ujar Jasin. “Pemicunya terjadi pada perilaku pengguna layanan yang memberi duit lebih kepada petugas.”

Jasin menjelaskan adanya transaksi suap membuat nilai integritas publik ketiga Kementerian itu paling rendah. Poin yang diberikan KPK di bawah enam persen dari 43 unit layanan pusat.

Rinciannya, Kementerian Koperasi 5,52 persen, Kementerian Tenaga Kerja 5,44 persen, serta Kementerian Agama 5,34 persen.

Jasin mengatakan nilai integritas ini diperoleh dengan cara memberi pertanyaan kepada 1.290 responden. “Hasilnya akan kami serahkan ke Presiden dan DPR untuk perbaikan,” ujar dia.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.