Home » Uncategorized » Tiga Pos Anggaran untuk Jaminan Pemeliharaan Kesehatan PNS

Program Pemprov DKI mengenai Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) PNS/ASN dialokasikan dalam tiga pos anggaran APBD 2011. Dengan tiga pos anggaran tersebut, kesehatan PNS/ASN Pemprov DKI dijamin 100 persen gratis. Hal ini disampaikan Asisten Sekda DKI bidang Kesejahteraan Masyarakat, Mara Oloan Siregar, yang mengatakan untuk biaya kesehatan CPNS/CASN, PNS/ASN dan pensiunan PNS/ASN dalam APBD 2011, ada tiga pos anggaran yaitu alokasi anggaran pemotongan gaji PNS/ASN sebesar Rp 76 miliar yang akan diserahkan ke PT Askes. Kedua, alokasi anggaran subsidi pemerintah untuk biaya kesehatan PNS/ASN sebesar Rp 76 miliar dan anggaran JPK-PNS/ASN sebesar Rp 75 miliar.

Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis Jaminan Kesehatan Daerah (UPT Jamkesda) Dinas Kesehatan DKI, Yuditha, menjelaskan selama ini CPNS/CASN, PNS/ASN dan pensiunan PNS/ASN harus membayar selisih biaya kesehatan yang cukup besar sehingga memberatkan pegawai yang gajinya tidak terlalu besar.

“Misalnya biaya rumah sakit mencapai Rp 50 juta, PT Askes hanya menanggung maksimal 30 persennya yaitu Rp 15 juta, kemudian Rp 35 juta harus dibayarkan PNS/ASN. Ini yang seringkali memberatkan PNS/ASN dan membuat mereka seringkali mengeluh,” ujar Yuditha, Kamis (21/7/2011) kemarin.

Menurutnya bila Pemprov DKI dapat memberikan layanan kesehatan gratis melalui JPK Gakin bagi warga miskin, sudah sepantasnya bisa memberikan layanan kesehatan gratis kepada PNS/ASN-nya. Hingga semester I/2011, anggaran JPK-PNS/ASN ini sudah banyak digunakan seluruh CPNS/CASN, PNS/ASN dan pensiunan PNS/ASN. Tetapi karena ini produk baru, maka masih banyak rumah sakit yang belum mengerti program ini dan banyak terjadi konflik di lapangan, terutama di rumah sakit yang melayani Askes.

Yuditha menuturkan akan mensosialisasikan program ini segera ke rumah sakit. Bagi PNS/ASN yang ingin mengetahui program ini lebih lanjut dapat menghubungi nomor informasi lebih lanjut, Yudhita meminta PNS/ASN bisa menghubungi nomor hotline 08001401440.

“Sama seperti JPK-Gakin yang mendapatkan kartu, PNS/ASN sebagai peserta JPK-PNS/ASN ini juga akan mendapatkan kartu khusus. Syarat untuk mendapatkan kartu JPK-PNS/ASN adalah mengajukan SK Penempatan terakhir, kartu Askes, surat pengantar dari tempat instansi bekerja, mengisi formulir JPK PNS/ASN di UPT Jamkesda, lalu langsung diberikan kartu,” imbuhnya.

Download Soal-Soal CPNS/CASN Indonesia



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.