Home » Uncategorized » UI Klaim Telah Angkat 1.682 Karyawan

Setelah banyak diprotes oleh berbagai pihak mengenai tuduhan ketidakberpihakan Rektor Universitas Indonesia (UI) Gumilar Rusliwa Somantri kepada karyawan,  UI menyerahkan secara simbolik Surat Pengangkatan Pegawai Tetap UI kepada 1.682 karyawan non dosen (administrasi kependidikan) di lingkungan UI.

Para penerima Surat Pengangkatan Pegawai Tetap meliputi karyawan di seluruh fakultas, program pascasarjana, vokasi, rektorat, dan PLK. Gumilar R Somantri mengklaim, selama lebih dari 15 tahun terdapat pegawai dosen maupun non dosen yang memiliki status kepegawaian yang tidak jelas. “Dengan adanya pengangkatan sebagai pegawai UI ini, para karyawan memperoleh keunggulan yang sama, seperti pegawai dengan status PNS/ASN. Maka, ada jaminan kesejahteraan gaji pokok yang naik mengikuti kenaikan gaji pokok PNS/ASN,” ujar Gumilar.

Selain itu, kata Gumilar, para karyawan akan memperoleh dana pensiun (DPLK), jaminan Sosial Kesehatan (Jamsostek), tunjangan keluarga, tunjangan beras, serta uang makan. Dengan menyandang status pegawai universitas, mereka memiliki jenjang karir yang memungkinkan dilakukan perekrutan, penyebaran, dan rotasi dalam rangka promosi.

“Hal ini dinilai efisien bagi institusi dan efektif bagi pengembangan karir personel, serta seleksi alamiah yang adil dan akuntabel,” jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya, para pegawai juga berpeluang untuk memperoleh pelatihan spesifik serta sertifikasi profesi atau keahlian dalam setiap jenjang profesi. Hal ini akan berujung pada terciptanya lingkungan kerja yang sehat bagi pengembangan karir dan kinerja, baik bagi setiap personil tenaga kependidikan maupun bagi institusi.

“Hari ini, merupakan penyerahan surat pengangkatan gelombang pertama yang berjumlah 1.140 dari 1.682 karyawan yang diangkat. Sebanyak 542 karyawan lainnya masih dalam penyempurnaan berkas, untuk kemudian menerima surat pengangkatan pada gelombang kedua,” paparnya.

Adapun mereka yang diangkat sebagai tenaga kependidikan (pegawai non dosen), diusulkan oleh fakultas dengan masa kerja lebih dari tiga tahun. Bagi mereka yang berpendidikan minimal SMA atau minimal masa kerja lebih dari 20 tahun.

“Program penataan ini dilakukan sebagai realisasi dari tanggung jawab kemanusiaan UI terhadap mereka yang telah berdedikasi ke UI bertahun-tahun,” imbuhnya.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.