Home » Uncategorized » Wakil Bupati Melawi Panji Pantau Penempatan

WAKIL Bupati Melawi Panji, mengingatkan kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan tim penyusunan CPNS/CASN untuk benar-benar memberikan data yang akurat terhadap kebutuhan CPNS/CASN yang ada di Kabupaten Melawi. “Hal ini mutlak harus ditindaklanjuti, apalagi saat ini Kabupaten Melawi masih membutuhkan pegawai, namun hal tersebut masih harus dibicarakan terutama kebutuhan formasi dan penempatannya,” kata Panji.

Hal tersebut mutlak harus dilaksanakan mengingat tahun ini tidak ada penerimaan CPNS/CASN dilingkungan Pemkab Melawi, karena berdasarkan moraturium tiga menteri yaitu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri tahun ini penerimaan CPNS/CASN di tingkat provinsi dan kabupaten ditunda.Penundaan ini dilakukan untuk melihat sejauh mana persiapan daerah menyampaikan kebutuhan mereka terhadap CPNS/CASN, hal tersebut harus dilaporkan secara detail untuk lima tahun kedepan. Sehingga kesempatan untuk melakukan penerimaan lebih awal lebih terbuka. “Saya sudah mendapat laporan dan penjelasan dari kepala BKD terkait dengan masalah ini, makanya saya menekankan agar persoalan ini di teliti lebih lanjut,” kata dia.

Termasuk mengenai masalah penempatan, terutama tenaga pendidik dan kesehatan. Berdasarkan pantauannya tenaga guru dan tenaga kesehatan di daerah pedalaman sangat menim dan lebih menumpuk di daerah perkotaan. “Hal ini tidak boleh terjadi, Dinas Kesehatan dan Dinas Penididkan harus menempatkan pegawainya secara tepat dan proporsional, saya tidak ingin mendengar ada sekolah dasar yang hanya memiliki 2 orang guru atau Puskesmas yang hanya memiliki satu orang perawat, sedangkan di perkotaan menumpuk. Itukan tidak proporsional penempatannya,” kata dia.

Memang, lanjut dia, ada perhitungan dari sisi kemanusiaan, tapi jangan sampai sisi kemanusiaan tersebut mengalahkan kepentingan orang banyak.Sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Melawi Syafarudin, sempat mengatakan, bahwa tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi dipastikan tidak akan merekrut CPNS/CASN. Hal ini terkait dengan moratorium atau peraturan bersama, antara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dengan Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri tentang penundaan sementara calon PNS/ASN.Terkait dengan penundaan tersebut, pihaknya sudah melakukan koordinasi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, hasilnya daerah diperintahkan untuk membuat analisis kebutuhan PNS/ASN di daerah.

Dari hasil koordinasi ke Kemenpan, Kepala BKD langsung melaporkan hasilnya kepada Bupati dan Sekda, dan tak lama kemudian Bupati membuat surat tugas pembentukan tim penyusunan kebutuhan PNS/ASN dilingkungan Pemkab Melawi. “Berdasarkan Peraturan Menpan, tim ini langsung diketuai oleh Bupati dan atas saran dari Kemenpan pula penyusunan kebutuhan PNS/ASN daerah dilakukan untuk 5 tahun kedepan,” ungkapnya.Syafarudin melanjutkan, tim yang terbentuk juga melibatkan instansi terkait terutama seperti Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan karena kedua dinas ini yang menjadi prioritas dalam penerimaan CPNS/CASN selanjutnya. “Tim inilah nantinya yang bekerja memenuhi kebutuhan CPNS/CASN Kabupaten Melawi untuk 5 tahun kedepan,” tutur Syarifudin yang mengungkapkan sampai saat ini tim sedang melakukan penyusunan.

Kemudian hasil ini nanti, lanjut dia akan dilaporkan kepada Bupati, lalu bupati akan menyampaikan laporan ini kepada Menpan dan ditembuskan ke pemerintah Provinsi dan BKN. Ia menungkapkan berdasarkan informasi yang disampaikan Menpan, laporan kebutuhan CPNS/CASN  Pemkab Melawi 5 tahun kedepan ini harus selesai pada Bulan Desember.  “Pihak Menpan mengatakan jika Desember sudah selesai dan cepat dihitung maka diperkirakan penerimaan CPNS/CASN akan dilakukan lebih cepat antara bulan April atau Mei tahun depan,” tukasnya. Berdasarkan data BKD, kata Syafarudin saat ini PNS/ASN di Kabupaten Melawi berjumlah 3833 orang yang tersebar di seluruh wilayah, dan memang Pemkab Melawi sampai saat ini masih kekurangan pegawai, hal ini bisa dilihat dari belanja pegawai yang masih dibawah 50 persen dari APBD.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Is 1 Response So Far. »

  1. I simply want to tell you that I am just beginner to weblog and absolutely enjoyed this web-site. Very likely I’m likely to bookmark your site . You definitely come with fabulous stories. Thanks a lot for sharing your website page.