Home » Uncategorized » Wanti-wanti Tidak Rekrut Guru Honorer Baru – JPNN.com

NASIONAL – HUMANIORA Rabu, 29 Februari 2012 , 08:34:00
DEPOK – Mumpung bertemu dengan kepala dinas pendidikan kabupaten dan kota seluruh Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mewanti-wanti supaya tidak ada lagi rekrutmen guru honorer. Sebab pemerintah tidak lagi mentoleransi pengangkatan tenaga honorer, termasuk guru, menjadi CPNS/CASN.

Wejangan ini disampaikan langsung oleh Wakil Mendikbud bidang Pendidikan Musliar Kasim saat menutup Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2012 di depok kemarin (28/2). Musliar meminta, seluruh sekolah, terutama negeri tidak merekrut tenaga honorer baru. Meskipun hanya satu orang saja.

Mantan rektor Universitas Andalas, Padang, menjelaskan, keberadaan guru honorer yang sekarang membludak dan menuntut diangkat menjadi CPNS/CASN diawali dari rekrutmen sedikit demi sedikit. “Akhir-akhirnya bisa banyak, dan memiliki kekuatan besar untuk menuntut kepada pemerintah,” tutur Musliar.

Sebagaimana diketahui, saat ini ada 76 ribuan tenaga honorer yang digaji dari APBN atau APBD menuntut diangkat langsung jadi CPNS/CASN. Selain itu juga ada 600 ribuan tenaga honorer yang digaji non APBN atau APBD yang menuntut kejelasan pengangkatan CPNS/CASN.

Sebagaian besar dari tenaga honorer ini adalah guru dan tenaga kependidikan lainnya. Seperti tenaga tata usaha, tukang kebung, dan satpam sekolah. Dengan kekuatan jumlah yang besar, mereka berkali-kali menyerbu Istana Kepresidenan menuntut pengangkatan CPNS/CASN.

Menurut Musliar, sikap Kemendikbud yang mewanti-wanti seluruh dinas pendidikan daerah dan sekolah tidak merekrut guru honorer baru supaya tidak menimbulkan persoalan serupa dimasa depan.

Bagi sekolah yang benar-benar kekurangan guru, Musliar mengatakan masih ada toleransi merekrut guru honorer baru. Tapi ada syaratnya. Yaitu, calon guru honorer itu harus membuat surat pernyataan diatas materai bahwa sampai kapanpun dirinya tidak akan menuntut diangkat langsung menjadi CPNS/CASN. Jika ingin jadi CPNS/CASN, harus melalui tes reguler dan bersaing dengan calon-calon pendaftar CPNS/CASN umum.

Musliar menuturkan, tidak ada yang menjamin jika guru-guru fresh graduate kalah kualitas dengan guru honorer. Sebaliknya, belum ada jaminan pula para guru honorer ini memiliki kualitas mengajar yang lebih bagus ketimbang sarjana keguruan yang baru lulus. Sebab, banyak ditemukan pengangkatan guru honorer dilandasi karena faktor ikatan darah atau pertemanan.

Ke depan, Musliar mengatakan seluruh guru CPNS/CASN wajib mengikuti tes khusus. Mereka awalnya memang ikut tes CPNS/CASN reguler seperti selama ini. Selanjutnya, ada tes lagi yang berkaitan dengan profesi mereka sebagai guru. Kemendikbud menegaskan, guru merupakan sebuah profesi. Jadi, tidak sembarang orang bisa menjadi guru. Sistem rekrutmen CPNS/CASN guru ini masih terus dimatangkan. (wan)

lolo
gua setuju banget klo k1 diangkat tampa tes klo k2 harus tes.soalnya kualitas dan pengalaman k1 jauh lebih mumpuni,makanya jangan ada demo lagi. malu maluin honorer itu sendiri.keputusan pemerintah sudah tepat dan cermat.trimakasih pak menpan PNS/ASN Jalur Umum
Hmm .. benar juga tuh Pak Menteri, biar fair jadi PNS/ASN/ASN tidak dengan demo, gruduk istana, tapi melalui proses seleksi (tes) yang transparan.Berani! yudi haspiyanto
tab, jangan asal ngomong, gimana dengan kami yang sehari mengabdi dari tahun 2003.itupun di daerah gersang dan terpencil,,,,,dari tahun 2003 . kami hanya mengajar bertiga untuk enam kelas. dan sampai sekarang kami di tambah dengan guru2 PNS/ASN hasil test. yang kerjanya hanya 3 hari seminggu. yang menurut saya hanya makan gaji tanpa bekerja, apa itu hukumnya tab.pikir dulu kalo mau bicara,,,,,,,,terima kasih. saya menghimbau bagi gtt yang senasib dan sepenanggungan , kelak kalo di angkat jangan sampai meniru PNS/ASN-PNS/ASN yang sering bolos. gaji tanpa kerja itu gimana,,,,,,, kalian tentunya sudah tau,,,,, tidak akan berkah,,,,,,,mohon maaf jika ada tulisan saya yang meninggung perasaan, terima kasih
From mobilemantap
betul tu pak,da yg baru 5 bulan jadi honor dah minta jd PNS/ASN.ga malu x ya…….. katrok
Juga ga ada jaminan lulusan baru otaknya lebih encer dari pada yang sudah berpengalaman… Gemblung
demo……demo…… demo….. demo…demo….demo…demo… panther
TIDAK 100% SALAH MENGAJAK REKAN ghofar
betul sekali pak kalau yang diangkat honorer melulu kasihan yang lulusan baru pandai juga yang honorer masuknya banyak pertemanan amey
bagus jg pak pendapatnya



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.