Home » Uncategorized » Warga Minahasa Dukung Moratorium Penerimaan CPNS/CASN 2011

Jerry Sondakh, pemerhati pemerintahan Minahasa meminta Pemkab Minahasa mempertimbangkan pelaksanaan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS/CASN) di Minahasa. Menurutnya, pelaksanaan moratorium atau penghentian sementara penerimaan CPNS/CASN. Alasannya, jumlah PNS/ASN di Minahasa sangat banyak, sehingga hampir dua pertiga Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Minahasa terserap untuk belanja gaji pegawai.

“Kami mendukung jika Pemkab Minahasa mengambil langkah untuk melaksanakan moratorium penerimaan CPNS/CASN. Jumlah PNS/ASN yang ada saat ini mencapai sekitar 8.000 orang, sehingga sangat banyak dibanding jumlah SKPD dan luas wilayah Minahasa,” ujarnya.

Terpisah, Sekda Minahasa, Drs Warouw Karouwan MM mengatakan, Pemkab Minahasa memang sedang mempertimbangkan apakah akan melakukan penerimaan CPNS/CASN tahun ini atau tidak. Dirinya mengakui, masalah klasik yang dihadapi Pemkab Minahasa adalah belanja gaji pegawai yang sangat besar, mencapai sekitar Rp 300 miliar dari sekitar Rp 500 miliar APBD Minahasa.

“Jika dilihat dari jumlah PNS/ASN saat ini, Pemkab Minahasa bisa saja tidak menerima PNS/ASN selama 10 tahun agar mencapai jumlah PNS/ASN yang ideal bagi kebutuhan Pemkab Minahasa,” ujarnya.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.