Home » KEPEGAWAIAN » Banyak Pegawai Negeri Sipil (PNS) Sulbar Langgar UU Kepegawaian

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulawesi Barat, Drs.H.Ismail Zainuddin, mengakui jika masih banyak oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS/ASN) pemprov Sulbar yang melanggar Undang-Undang Kepegawaian. “Harus kami akui bahwa beberapa oknum PNS/ASN masih berkinerja buruk khususnya menyangkut disiplin jam kerja. Banyak PNS/ASN yang terlambat masuk dan pulang kantor,” kata Sekprov Sulbar, Drs. Ismail zainuddin di Mamuju, Senin.

Menurutnya, prilaku malas bekerja atau tidak disiplin tentu salah satu bagian daripada pelanggaran terhadap UU Kepegawaian. “Jumlah PNS/ASN lingkup pemprov Sulbar sekarang ini tidak kurang dari angka 3.000 lebih. Namun, kita bisa melihat berapa jumlah pegawai yang melaksanakan kegiatan upacara. Ini menunjukkan bahwa kebanyakan PNS/ASN yang kurang disiplin,” ujarnya.

Ia mengatakan, disiplin PNS/ASN yang melaksanakan kegiatan rutin seperti upacara masih sangat rendah sehingga perlu ada sikap tegas yang membuat jera oknum PNS/ASN pemalas. Sehingga kata dia, para kepala SKPD diharapkan bisa melakukan pembinaan dengan cara melakukan pengawasan yang melekat dan melakukan pembinaan yang sungguh-sungguh.

“Selama ini kami telah melakukan penekanan kepada seluruh kepala SKPD agar bisa melakukan pembinaan secara sungguh-sungguh. Biasanya supervisi secara ketat hanya bisa bertahan dua hingga tiga bulan saja,” ungkap dia.

Sehingga kata dia, perlu dilakukan pemberlakukan sistem pemberian tunjangan kinerja kepada PNS/ASN bagi yang berkinerja positif. “Kontrol PNS/ASN harusnya dilakukan oleh masing-masing Dinas, Biro maupun badan. Makanya, harus dilakukan sangsi yang tegas sehingga persoalan terkecil ini bisa diatasi,” terang Ismail.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.