Home » Berita CPNS » Aparatur harus bangun birokrasi bersih

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Azwar Abubakar mengatakan, aparatur harus berupaya membangun birokrasi bersih, meningkatkan kompetensi dan memperbaiki pelayanan.

“Ke depan, semua PNS harus meningkatkan kemampuan. Untuk diangkat menjadi pejabat harus melalui proses seleksi dan uji kompetensi, sehingga semua bersaing secara terbuka,” ucap Azwar Abubakar pada apel bersama seluruh PNS Pemkab Bireuen di Kantor Pusat Pemkab Bireuen, hari ini.

Azwar mengatakan langkah reformasi birokrasi yang dilakukan pemerintah adalah membenahi proses pelayanan di unit-unit pelayanan, seperti proses perizinan bagi dunia usaha. Membaik dan meningkatnya dunia usaha, menurut menteri,  akan berpengaruh besar bagi kesejahteraan masyarakat.

“Birokrat yang bersih adalah bisa melayani dengan baik sesuai dengan aturan. PNS yang tidak jelas jangan segan ditindak. Bersihkan aparatur untuk memperbaiki negara ini,” katanya.

Sekaitan dengan honorer kategori dua di Kabupaten Bireuen yang berjumlah 2.000 orang dan telah mengikuti ujian tulis awal Desember 2013, Azwar yang merupakan putra Aceh itu mengatakan mereka yang lulus adalah honorer yang mampu meraih nilai batas minimum pada ujian tulis. Sementara itu, Bupati Bireuen H Ruslan M Daud mengatakan Pemkab Bireuen sejak 2012 telah melakukan terobosan pada pelayanan publik dan  peningkatan sumber daya manusia. Kemudian, pembenahan pelayanan publik di kantor camat, puskesmas dan unit pelayanan lainnya.

“Pelayanan publik di tingkat kecamatan di Kabupaten Bireuen telah meraih PATEN Award 2013. Ini sebuah prestasi yang membanggakan kami,” ucap Ruslan.

Pada 2014, Pemkab Bireuen yang memiliki 9.629 PNS dan 2.000 honorer itu juga menyerahkan program Anggaran Dana Gampong (ADG) langsung dikelola di kecamatan. Dengan harapan realisasi lebih cepat dan tepat. Tujuan ADG agar kegiatan pembangunan dapat bermanfaat bagi rakyat.

“Pemkab Bireuen juga menjadi daerah pertama di Indonesia yang melakukan uji kompetensi dan seleksi terbuka untuk jabatan camat. Dengan modal sejumlah terobosan ini. Kabupaten Bireuen siap menjadi daerah pelayanan publik terbaik se Indonesia 2015,” jelas Ruslan.

Dalam rangkaian apel bersama itu, Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar dan Bupati Bireuen H Ruslan M Daud menandatangani prasasti pencanangan Kabupaten Bireuen sebagai Daerah Wisata Pelayanan Publik 2015.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.