Home » Berita CPNS » BKD Tekankan Peserta Ujian Tes CPNS 2014 Cermati Soal Sebelum Jawab

BKD Tekankan Peserta Ujian Tes CPNS 2014 Cermati Soal Sebelum Jawab – Badan Kepegawaian Daerah Jawa Tengah kembali menghimbau kepada semua peserta ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS ) untuk lebih cermat saat menyelesaikan ujian. Pasalnya ujian CPNS sekarang format test berbeda dengan tahun sebelumnya. Demikian pula metode menjawab soal-soal tahun ini lansung dari computer. Pasalnya Panselnas sejak tahun ini menggunakan test metode CAT ( Computer Asissted Test).

Himbauan ini dikatakan langsung oleh Suko Mardiono Kepala BKD Jawa Tengah.  Sebelum menjawab peserta harus membaca soal dengan seksama dan cermat, agar nanti ketika memilih jawaban tidak keliru. Terkadang ada beberapa soal yang sifatnya menjebak.

“Cermati dulu pertanyaannya sebelum menekan tombol jawaban karena kesempatan menjawab hanya satu kali dan tidak bisa diulang sehingga butuh kecermatan dari masing-masing peserta tes CPNS,” demikian kata Suko Mardiono sebagiamana yang dilansir dari kantor Berita Antara.

Himbauan ini terkait dari banyaknya peserta test yang gugur karena mereka kurang cermat dan terlalu keburu-buru mengerjakan soal-soal. Mungkin karena waktu yang disediakan tidak cukup. Sementara jumlah soal yang harus dieksekusi sebanyak 100 soal.
rata-rata waktu yang disediakan hanya 1,5 jam sedangkan soal TKD berjumlah 100 soal. Jadi satu soal harus dibaca/ dipahami kurang dari satu menit untuk kemudian dijawab.

Sebagaimana dikabarkan sebelumnya, jadwal ujian CPNS wilayah eks karesidenan Semarang dan Surakarta berlansung sejak 15 – 27 Oktober.  Beberapa kabupaten di wilayah itu sekarang  ada yang tengah menggelar ujian penjaringan abdi negara.

Sementara itu menurut informasi yang dilansir dari Solopos.com  Kepala Bidang Pengembangan Pegawai BKD Jateng Andi Suryanto mengatakan bahwa pihaknya berupaya mengantisipasi adanya praktik perjokian dan percaloan pada pelaksanaan tes CPNS bagi pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi.

“Saat mengikuti tes, para pelamar diwajibkan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli, nomor ujian, dan validasi nomor induk kependudukan di kartu identitas saat pelaksanaan ujian untuk mengantisipasi perjokian,” ujarnya.

Pelamar CPNS yang tidak membawa KTP dan kartu ujian asli, kata dia, maka yang bersangkutan tidak diperbolehkan mengikuti ujian tes CPNS yang akan dilaksanakan di sejumlah lokasi.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.