Home » Berita CPNS » Daerah Peminta Formasi CPNS 2014 Dua Kali Lebih Banyak

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) memastikan tahapan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 lebih dini dibandikan tahun 2013 lalu. Bukan hanya lebih dini, daerah peminta CPNS 2014 pun lebih banyak dibandingkan saat CPNS 2013 lalu.

Kenyataan itu dinyatakan oleh Menteri PAN-RB Azwar Abubakar di Jakarta, Rabu (22/1/2014). Menurutnya, permintaan CPNS tahun ini memang cukup banyak, terutama dari daerah.

Menurutnya, sebanyak 500 daerah membutuhkan tambahan pegawai negeri sipil (PNS) pada tahun anggaran ini. Jumlah itu dua kali lipat lebih besar dibandingkan dengan tahun 2013 lalu yang hanya mencapai 250 daerah peminta.

Kendati demikian, permintaan tersebut nantinya akan dinilai terlebih dulu sesuai ketentuan UU Sumber Daya Manusia. Hal itu dikarenakan setiap permintaan harus berdasarkan analisis kebutuhan, dan berasaskan keadilan. Setelah itu, baru formasi SDM diberikan kepada daerah pemohon CPNS.

Lagi pula, imbuhnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) juga telah mengumumkan hasil tes penerimaan CPNS, akhir tahun 2013 lalu, Kala itu sudah terisi 58.796 posisi dari target yang dibuka 65.000 CPNS baru. Kekosongan posisi tersebut dikarenakan pelamar tidak lulus tes yang diselenggarakan masing-masing instansi dan pemerintah daerah.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.