Home » Berita CPNS » Info CPNS 2014: Petunjuk Pengoperasian Sistem Ujian CAT CPNS Online

Tahun ini, sistem penerimaan CPNS memakai sistem online, baik dari proses pendaftaran hingga ujiannya. Untuk ujian CPNS, pemerintah memperkenalkan sistem CAT (Computer Assisted Test) yakni tes melalui komputer yang terintegrasi. Sistem ini jelas sangat berbeda dengan penerimaan CPNS tahun-tahun sebelumnya yang memakai sistem ujian tulis.

Ujian CAT CPNS 2014 diprediksi akan dilakukan sekitar akhir September atau awal Oktober 2014. Hal ini seperti seperti yang dilansir laman resmi panselnas.menpan.go.id, Herman Suryatman menyatakan bahwa masa pelaksanaan tes akan dilakukan secara bertahap mulai akhir September atau Awal Oktober 2014.

Perkiraan masa dimulainya pelaksanaan tes CPNS 2014 tersebut berdasarkan prediksi masa berakhirnya pendaftaran online antara akhir September atau awal Oktober mendatang. Seperti juga yang sudah diumumkan bahwa untuk proses pendaftaran sampai nanti ujian perinstansi memiliki waktu yang berbeda-beda.

Sementara itu, seperti dilansir dari JPNN, panitia seleksi nasional (panselnas) melaporkan infrastruktur untuk ujian online itu sudah siap digunakan.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Herman Suryatman mengatakan, infrastruktur untuk CAT disiapkan banyak pihak. “Laporan dari tim IT Panselnas, peralatan untuk CAT sudah siap digunakan,” katanya di Jakarta, Minggu (7/9).

Herman mengatakan fasilitas CAT yang pertama disiapkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). “Baik yang ada di BKN kantor pusat atau yang tersebar di 12 kantor regional,” tuturnya. Khusus di kantor pusat BKN, setidaknya sudah disiapkan 100 unit komputer (client) untuk di pakai peserta ujian CPNS.

Rata-rata setiap sesi ujian berdurasi sekitar 90 menit. Dengan pekiraan diselingi istirahat selama 30 menit, dalam seharis bisa digelar hingga lima kali sesi tes CAT. Banyak sesi ujian dalam sehari ini, bisa memudahkan penjadwalan tes yang bakal diikuti ribuan pelamar.

Meskipun baru tahun ini dilakukan secara menyeluruh, Herman optimis tes CPNS dengan sistem CAT berjalan lancar. Dengan sistem ini, bisa dihemat pengeluaran untuk pengadaan soal ujian berbasi lembar jawaban komputer (LJK).



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.