Home » Berita CPNS » Jokowi Akan Wajibkan PNS Pakai Pakaian Adat Betawi

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, akan mewajibkan seluruh pegawai negeri sipil (PNS/ASN) dilingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, untuk mengenakan pakaian adat Betawi setiap hari Rabu. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menampilkan budaya Betawi di masyarakat. “Setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, seni kebudayaan Betawi harus ditampilkan, ya diangkat semuanya. Selain itu juga tadi saya sampaikan nanti ada setiap hari rabu seluruh karyawan pemprov pakai pakaian betawi,” ujarnya

Pria yang akrab disapa Jokowi itu mengatakan, ia akan melakukan pembahasan mengenai kebijakan tersebut. Ia melanjutkan dengan memunculkan kebudayaan Betawi, maka diharapkan hal itu bisa melestarikan dan menonjolkan budaya itu di masyarakat Jakarta, khususnya dikalangan karyawan Pemprov DKI.

Selain akan mewajibkan PNS/ASN dilingkungan Pemprov mengenakan baju tradisional Betawi, ia juga mengatakan bangunan-bangunan yang ada di DKI juga akan dipasangi ornamen -ornamen Betawi, baik itu sekolah dan kantor-kantor.

“Baru setelah itu akan merambah ke hotel-hotel dan mall. Hal ini dimaksudkan agar karakter Jakarta yang aslinya adalah Betawi bisa lebih kelihatan.

Dalam kunjungannya ke Setu Babakan ini Jokowi berbicara tentang Setu Babakan yang sudah makro. kampungnya juga sudah ada untuk menjadi kampung Betawi sudah lebih dari 10 tahun. Sehingga ingin percepat agar maksimum hasilnya. Diharapkan tahun depan nanti semuanya sudah rampung.

“Artinya ada sebuah karakter kampung Betawi yang akan kita tunjukan di sini. Nanti akan ada rumah batang, ada rumah pesisiran, ada rumah joglonya, ada rumah panggungnya, yang identitas Betawi, karakter Betawi. Ini yang mau kita angkat,” tandasnya.[bay]



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.