Home » Berita CPNS » Lowongan Kerja CPNS 2014 Terbuka untuk Semua Jurusan

Lowongan kerja CPNS 2014 ada yang baru soal sistem rekrutmen calon PNS. Pemerintah lewat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) sedang menggodok sistem yang ada untuk lebih terbuka pada semua jurusan. Seperti apa?

Mengutip penjelasan dari situs CpnsInfo.com, pengisian formasi CPNS selama ini dipandang cukup kaku. Formasi tertentu wajib diisi oleh pelamar dari jurusan atau ijazah tertentu. Sistem ini sejatinya timbulkan masalah. Kemen PAB-RB pun mengamininya.

“Diantaranya adalah, banyak sarjana yang sejatinya layak menjadi CPNS tetapi tidak bisa memasukkan lowongan. Sebab formasi sesuai dengan jenis ilmu ijazahnya tidak sesuai,” ujar Deputi SDM Aparatur Kemen PAN-RB Setiawan Wangsaatmaja.

Kemen PAN-RB sendiri selama ini memang menerima kritik terkait hal tersebut. Sebab, tidak sedikit sarjana yang mengeluh karena jurusan mereka tidak tersedia di formasi yang disediakan Kemen PAN-RB tatkala lowongan CPNS dibuka.

Menanggapi itu Setiawan mengatakan jika regulasi untuk mengizinkan sarjana dari pelbagai disiplin ilmu untuk melamar di pelbagai formasi CPNS masih sedang dibahas. Jika goal maka akan diaplikasikan pada CPNS tahun 2014 ini.

Namun ia berikan catatan khusus. Jika formasi yang dimaksud hanya miliki porsi 5 persen saja. Perhitungan prosentase ini dari masing-masing instansi yang bersangkutan. Selain porsi, soal formasi yang ada akan lebih ke posisi tidak terlalu teknis atau membutuhkan skill khusus. Ia pun masih belum miliki bayangan jenis formasi CPNS apa yang bisa dibuka untuk pelamar dari pelbagai disiplin ilmu ini.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.