Home » Berita CPNS » Mensos Siapkan Slot CPNS 2015 Untuk Penyandang Disabilitas

Mensos Siapkan Slot CPNS 2015 Untuk Penyandang Disabilitas .

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, siap untuk meminta dibuka kembali peluang bagi penyandang disabilitas sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

“Saya beberapa kali menyampaikan tolong sumberdaya manusianya disiapkan, kalau SDM siap, Kemensos akan meminta kembali slot ke Menpan jatah untuk penyandang disabilitas,” kata Khofifah di Ciputat Tangerang Selatan,

Hal itu disampaikan Mensos saat membuka Kompetisi Teknologi Informasi untuk Kalangan Remaja Disabilitas 2015 di Pusat Teknologi Informasi Komunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Mensos mengatakan, pada 2014 dibuka formasi CPNS untuk penyandang disabilitas sebanyak 300 formasi, tapi hanya 105 yang memenuhi syarat. Dari jumlah tersebut hanya 31 yang lolos CPNS.

“Ini realitasnya, kita minta dibuka kembali kalau sudah ada peminatnya,” Katanya.

Data Susenas 2012 menunjukkan sebanyak 6.640.000 penyandang disabilitas di seluruh Indonesia tapi kurang dari lima persen yang menyelesaikan pendidikan dasar.

“Maka kita bisa bayangkan berapa banyak penyandang disabilitas kalau masuk pasar kerja mereka dalam posisi tidak punya keahlian,” tambah dia.

Untuk itu Kemensos tengah mengajukan Perpres pengarusutamaan penyandang disabilitas dalam pembangunan .

Bahkan saat ini RUU penyandang disabilitas sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2015 dan akan segera dibahas oleh DPR RI.

Jika dijadikan pengarusutamaan dalam pembangunan, maka akan ada gerakan sinergi antara seluruh elemen terutama pemeirntah provinsi dan pemereintah kabupaten/kota.

Karena itu, pelatihan keterampilan teknologi informasi yang difasilitasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan menjadi penyemangat dan membuka peluang bagi penyandang disabilitas untuk meningkatkan kemampuan mereka.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.