Home » Berita CPNS » Menteri Agama RI Resmikan IAIN Palopo

Menteri Agama RI, H. Lukman Hakim Saifuddin meresmikan Transformasi Kelembagaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo yangsebelumnya masih bernama Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo, di Kota Palopo. Sehari sebelumnya, Menag juga membuka kegiatan Sosialisasi Asesmen Kompetensi Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Asrama Haji Sudiang Makassar.

Menteri Agama yang di dampingi Ka.Kanwil Kemenag Sulsel, H. Abd. Wahid, Anggota DPR RI, H. M. Lutfy A. Mufty, Kepala Badan Lintas Daerah, H. Tamzil, Sekretaris Dirjen Bimas Islam, H. Muhammadiyah Amin bertolak dari Makassar ke Palopo pada pagi harinya dengan menggunakan pesawat kecil kapasitas 20 orang ke Kota Palopo.

IAIN Palopo, bersama dengan 9 STAIN lainnya, di launching menjadi IAIN oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada tanggal 19 Desember 2014 silam

Menag mengupas hubungan Islam dan Kota Palopo kepada para tamu, undangan serta mahasiswa
IAIN Palopo.
“Terbentuknya Kota Palopo ini yang awalnya bernama dari Ware yang dikenal dalam sureq La Galigo yang sangat terkenal dulunya. Nama Palopo mulai dikenal sejak tahun 1604 bersamaan dengan dibangunya masjid Jami tua dari kerajaan Luwu, yaitu salah satu kerajaan Islam yang ada di Sulsel. Kaitannya dengan IAIN Palopo relevansinya adalah bahwa perguruan tinggi Islam merupakan bagian dari sejarah peradaban dan budaya yang tidak bisa dilupakan”, paparnya.

Menag juga mengurai kembali sejarah dari terbentuknya perguruan tinggi Islam di Indonesia. “Para pemimpin pergerakan islam di masa awal kemerdekaan Indonesia menyadari bahwa kehadiran perguruan tinggi islam di Indonesia merupakan suatu kebutuhan”.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.