Home » Berita CPNS » Pemerintah berniat contek sistem birokrasi Singapura

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi mengklaim terus memperbaiki sistem birokrasi di Indonesia. Pemerintah punya mimpi memiliki sistem birokrasi seperti di negara maju. Semisal sistem birokrasi di Singapura.

Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Eko Prasojo menjelaskan saat ini Singapura memiliki sistem birokrasi yang dinamakan Dynamic Bureaucracy.

“Kita mimpikan kondisi Dynamic Bureaucracy, seperti saat ini Singapura, birokrasi yang memiliki kapabilitas, berorientasi ke depan, melakukan inovasi terus menerus,” kata Eko di Gedung BPK, Jakarta, Senin (20/1).

Menurut Eko, sistem birokrasi yang dianut Indonesia saat ini cenderung masih bersifat kaku. Di mana birokrasi dijalankan atas perintah Undang-Undang. Dengan sistem seperti ini menjadikan birokrasi Indonesia kurang bisa berinovasi untuk memikirkan apa yang akan dihadapi di masa mendatang dan inovasi yang akan ditempuh.

“Anggaran tahunan yang dibuat setiap tahunnya cenderung membuat kita tidak kreatif, kita baru saja menyelesaikan anggaran tahun ini harus memikirkan lagi tahun depan,” tegasnya.

Sistem birokrasi Indonesia, menurutnya, terbentuk dari kebijakan-kebijakan yang dinilainya kurang bisa menciptakan efisiensi. Untuk itu dia meminta seluruh stake holder segera memikirkan hal ini demi mewujudkan mimpi menjadi negara maju di 2045.

“Birokrasi kita jarang mencapai keberhasilan. Pengeluaran juga besar untuk penciptaan lapangan kerja tapi tingkat pengangguran juga masih tinggi. Kalau birokrasi melempem, saya jamin Indonesia tidak akan berubah,” ucapnya.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.