Home » Berita CPNS » Pemkab Labuhanbatu Tak Jadi Buka Pendaftaran

Kebijakan Pemkab Labuhanbatu, Sumatera Utara, agar membatalkan rencana untuk rekrutmen CPNS 2014 disayangkan oleh pihak BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Pihak BKN berpendapat, pembatalan yang beralasan karena ketidaksiapan adanya perangkat komputer dalam pelaksanaan tes sistem computer assisted test (CAT) itu, sulit diterima.

Tumpak Hutabarat, Kepala Biro Humas BKN mengungkapkan, bila Pemkab Labuhanbatu ingin serius, sebetulnya mudah saja untuk mengatasi masalah tentang ketidaksiapan perangkat yang dimaksud.

“Contohnya saja dapat menyewa komputer sebanyak 100 unit misalnya, dapat disewa dua bulan. Selain hanya untuk tes CAT saja, dapat digunakan untuk kegiatan lain, misalnya sosialisasi CAT untuk para siswa SMA, agar nanti saat lulus sudah paham apa itu CAT, atau dapat untuk kegiatan dalam pengembangan kemampuan pegawai. Masak nggak ada anggaran hanya untuk sewa komputer? Humbahas, seingat saya juga sewa komputer kok,” jelas Tumpak kepada JPNN di Jakarta, (11/9/14).

lanjut Tumpak, ada cara lain, yaitu dengan numpang melaksanakan tes CAT di kantor BKN Regional Medan. Beberapa Pemkab telah mengajukan permohonan agar melaksanakan tes CAT dengan memakai komputer di BKN Medan.

“Seingat saya Dairi, Langkat, Binjai dan lainnya juga. Jadi nantinya pelamar CPNS dari daerah-daerah masing-masing akan bergantian tes di BKN Medan. Contoh untuk Sidikalang saja ada sekitar 5.000 pelamar, itu nanti bisa 10 hari tes di kantor BKN Medan. Jadi bergantian, tak bisa serentak. Soal ujian memang beda tapi bobotnya tetap sama,” lanjut Tumpak.

Dilanjutkan lagi, alasan yang dijelaskan Pemkab Labuhanbatu sulit diterima. “Jika nggak ada anggaran, mengapa dulu mengajukan laporan formasi?” ujar Tumpak dengan heran.

Diberitakan, Sugeng selaku Kabag Humas Infokom Pemkab Labuhanbatu, menjelaskan, pembatalan pendaftaran CPNS tahun ini disebabkan kurang siapnya Pemkab dalam melaksanakan rekrutmen disaat menggunakan system computer assisted test (CAT).

“Perekrutan CPNS untuk tahun ini ditiadakan. Ditunda hingga tahun depan dikarenakan perangkatnya kurang mendukung dilaksanakannya tes tersebut,” ujar Kabag Humas Infokom Pemkab Labuhanbatu Sugeng, Selasa (9/9/14).

Sebelumnya, pihak Kemenpan-RB (Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) telah memberi jatah bagi Pemkab Labuhanbatu sekitar 65 formasi CPNS pada jalur umum.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.