Home » Berita CPNS » Penipu CPNS Gunakan Modus Dekat dengan Pejabat

Satuan Reserse (Reskrim) Polres Karanganyar berhasil membekuk Sunardi atau biasa dipanggil Nardi Jemblung alias OLK yang diduga menjadi penipu karena menjanjikan mampu meluluskan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Kanit II Krimsus Polres Karanganyar Iptu Suwandi mengatakan, kronologi penipuan berawal iming-iming Nardi yang mampu meluluskan seseorang menjadi PNS. Apalagi, Nardi mengaku mempunyai orang di Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat.

Selain bermodus mempunyai kenalan pejabat di BKN Pusat, saat Bupati Karanganyar Rina Iriani menjabat, Nardi selalu mengaku kalau dirinya adalah ajudan dari suami Rina Iriani, Tony Haryono. Selain itu, Nardi selalu terlihat siang dan malam berada di rumah dinas Bupati Karanganyar sehingga terlihat akrab dengan pejabat di Karanganyar.

Modal itulah yang dipergunakan Nardi untuk menjerat para mangsanya. Ia berusaha meyakinkan calon korbannya kalau dia mampu menjadikan korbannya menjadi PNS.

“Besarnya uang yang diberikan bergantung strata pendidikan. Kalu tingkat SMA uang diberikan mulai Rp25 juta sampai Rp50 juta. Tapi kalau sarjana, harganya jauh lebih mahal,” jelas Suwandi dalam konfrensi pers di Mapolres Karanganyar, Jawa Tengah.

Hingga saat ini polisi masih memburu salah satu tersangka lagi berinisial Mr X. Sebab, polisi menduga jika Nardi tidak bekerja sendirian, tapi ada jaringan penipuan di belakangnya.

Barang bukti yang diamankan berupa buku tabungan Bank Mandiri atas nama pelaku dengan nomor rekening 138-00-0479923-0, dan buku rekapitulasi pengiriman data tenaga honorer kategori I dan kategori II menjadi calon pegawai negeri sipil tahun anggaran 2014-2015 Jawa Tengah. Selain itu, diamankan juga 17 lembar kuitansi penyerahan uang dari korban terhadap pelaku, serta dua lembar bukti transfer dari bank BCA ke nomor rekening pelaku.

“Atas perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara dan Pasal 372 KUHP dengan ancaman hukuman empat tahun penjara,” pungkasnya. (ira)



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.