Home » Berita CPNS » Peserta Tes CPNS Disarankan Dahulukan Soal yang Mudah

Para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang akan melaksanakan tes kompetensi dasar (TKD) dengan sistem computer assisted test (CAT) disarankan agar mengerjakan soal-soal yang dianggap mudah terlebih dulu.

Mulanya peserta harus verifikasi data yang dimulai 30 menit sebelum sesi TKD. Setelah itu nantinya setiap kelompok peserta diberikan satu sesi untuk mengikuti TKD selama 120 menit.

Setiap sesi dibagi menjadi dua proses, 30 menit untuk pra tes dan latihan. Serta 90 menit untuk pelaksanaan TKD (pengerjaan soal) untuk 100 soal. Peserta tes CPNS hanya mendapat waktu sekitar 54 detik untuk mengerjakan satu soal pada TKD.

Untuk menyiasati hal itu, Wakil Kepala BKN Bima Haria Wibisana menyarankan agar peserta mengerjakan soal-soal yang dianggap mudah terlebih dulu. Soal yang sulit dilewati terlebih dahulu. Baru kemudian sisa waktu yang ada dapat digunakan untuk mengerjakan soal lainnya yang lebih sulit.

“Karena soal yang sudah dikerjakan akan berubah warna dari merah menjadi hijau pada bagian bawah, jadi peserta tahu mana nomor soal yang belum dikerjakan,” ujar Bima melalui rilis tertulisnya  Rabu (8/10/2014).

Pelaksanaan tes itu sendiri dilaksanakan di Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang telah ditentukan berdasarkan zona tes yang telah dipilih, nama-nama peserta, tempat dan waktu atau sesi pelaksanaan TKD yang telah ditetapkan.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.