Home » Berita CPNS » Peserta Tes CPNS Pemkot Diperas Rp60 Juta

 Menjelang pelaksanaan tes CPNS bagi honorer kategori dua (K2), banyak oknum yang mulai memanfaatkan kesempatan untuk memeras. Tak tanggung-tanggung, mereka memintai honorer hingga Rp60 juta.

Dua hari belakangan ini, penipuan berupa tawaran meluluskan menjadi CPNS, menimpa banyak tenaga honorer K2 Pemerintah Kota Makassar. Modusnya, pun bermacam-macam dengan nominal permintaan uang yang juga bervariasi, yakni antara Rp1,7 juta hingga Rp65 juta.

“Ada honorer yang dimintai Rp50-60 juta. Namun beruntung, ada juga honorer yang meminta garansi kelulusan,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Makassar, Muh Kasim Wahab, di ruang kerjanya, Jumat, 18 Oktober.

Modus yang dipakai para pelaku pemerasan, yakni dengan menghubungi satu per satu tenaga honorer K2 yang akan mengikuti tes CPNS Minggu, 3 November nanti. Kasim mengaku tak mengetahui, dari mana para penipu tersebut mendapatkan data para honorer.

Namun dari sejumlah honorer yang dihubungi oleh oknum yang mengatasnamakan BKD tersebut, ada juga yang berhasil dikibuli. Terbukti, ada yang mengirimkan uang Rp1,7 juta. Honorer tersebut merasa yakin karena penelpon tersebut juga meminta dikirimkan berkas lengkap seperti fotokopi ijazah terakhir, NUPTK, KTP, SK honorer, dan lainnya.

Kasim mengatakan, beberapa hari ke depan ini, kemungkinan masih ada penipu yang ingin menjadikan tenaga honorer K2 sebagai sasaran. Alasannya, honorer sangat berharap bisa lulus, mengingat tes yang akan dijalani merupakan kesempatan terakhir untuk menjadi CPNS.

“Memang banyak yang mau membayar karena ini kesempatan terakhir. Jika tak lulus dalam tes ini, tidak ada lagi kesempatan kedua,” imbuh mantan Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkot Makassar ini.

Kasim mengakui, ada juga oknum yang mengatasnamakan honorer atau keluarga honorer yang menghubunginya langsung akan bisa diluluskan. Mereka bahkan
langsung menawarkan sejumlah uang agar diluluskan menjadi CPNS, namun Kasim mengaku tak menggubrisnya.

Kasim mengimbau agar para honorer tidak perlu terlalu risau karena tes CPNS K2 ini akan dilakukan dengan fair. Mereka yang lulus merupakan peserta yang memiliki nilai atau grade yang tertinggi. Dari 1.726 honorer K2 pemkot, hanya 30 persen yang akan diluluskan sebagai CPNS, atau sebanyak 518 orang.

“Jangan khawatir, kalau memenuhi standar yang ditetapkan, maka pasti akan lulus. Ini perlu menjadi perhatian penting bagi mereka. Kita menyelenggarakan rekrutmen secara bersih. Misalnya membantu meluluskan, itu tidak ada,” paparnya.

Kepala Bidang Perencanaan dan Informasi Kepegawaian BKD Kota Makassar, Basri Rakhman mengakui, momen menjelang pelaksanaan tes CPNS seperti ini,
banyak menungganginya. Para calo atau bahkan penipu, memang jeli memanfaatkan kesempatan. Mereka juga sangat cerdas karena mengetahui masalah-masalah yang terkait dengan kepegawaian. “Momen seperti ini memang banyak yang manfaatkan. Kita imbau semua honorer agar berhati-hati,” ujarnya.

Tags: casn, cpns

This entry was posted on Monday, October 21st, 2013 at 12:57 am and is filed under CASN. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.