Home » Berita CPNS » PNS Tidak Dilarang Hadiri Kampanye Asal Tidak Berseragam

Pegawai negeri sipil tidak dilarang mendatangi lokasi kampanye pilkada, asalkan tidak mengenakan atribut atau seragam pegawai negeri sipil (PNS). Bila tidak berseragam pegawai negeri, dia boleh hadir di kampanye-kampanye.

“Ketentuannya, PNS harus netral dalam pemilihan gubernur nanti agar tidak bias. Hanya saja, dia bisa hadir tapi tanpa atribut,” ujar pengamat politik Universitas Diponegoro Semarang, Fitriyah, pada kegiatan sosialisasi pengawasan pilgub Jateng yang diikuti para PNS di Setda Jateng di Semarang, Jawa Tengah.

Mantan Ketua KPU Jateng, Fitriyah menambahkan, kehadiran pegawai ke lokasi kampanye juga hanya untuk mengetahui visi, misi dan program figur calon gubernur tertentu, bukan untuk orasi atau ikut dukung mendukung. Informasi misi dipakai untuk dirinya sendiri, tidak untuk mempengaruhi orang lain memilih calon tertentu.

Anggota Badan Pengawas Pemilu Jawa Tengah, Teguh Purnomo mengemukakan, kegiatan sosialisasi tersebut digelar sebagai upaya preventif agar PNS betul-betul tahu tentang batasan-batasan netralitas PNS, agar nantinya bisa menempatkan diri dan akhirnya tidak menjadi korban politik yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu.

PNS yang tergabung dalam Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) secara kelembagaan harus netral. Secara perseorangan, pegawai punya hak politik yang sama dengan warga negera lain.

Dalam pilkada ada kultur, dimana seorang pegawai negeri tinggal di lingkungannya, akan menjadi tempat bertanya soal siapa calon kepala daerah oleh warga sekitarnya.

Kesadaran netralitas bagi PNS di Jateng, diperkirakan jumlah kurang lebih 17.000 orang ini, sangat penting menjaga diri mengingat dari tiga bakal calon pasangan gubernur dan wakil gubernur yang maju pilgub, ternyata masih aktif sebagai pejabat publik maupun pejabat negara. Yakni, gubernur petahana Bibit Waluyo, kemudian ada Hadi Prabowo juga Sekretaris Daerah Provinsi Jateng serta cawagub Heru Sudjatmoko, Bupati Purbalingga.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.