Home » Berita CPNS » Polda Sulteng Bongkar Jaringan Penipuan CPNS

Polda Sulawesi Tengah berhasil membongkar jaringan penipuan berkedok jaminan menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS), melalui data base honorer yang beraksi di sembilan kabupaten dan satu kota di Provinsi Sulawesi Tengah.Berdasarkan laporan dari sejumlah korban dan penyelidikan, polisi akhirnya berhasil meringkus empat pelaku penipuan. Satu di antaranya masih buron.

Kelima pelaku itu masing-masing Alimus warga Jakarta, HAM pensiunan Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Sigi, RAT wiraswasta Kabupaten Sigi, Niko pensiunan PNS Kota Palu, dan Edi yang masih dalam pengejaran dan ditetapkan sebagai daftar pencarian orang (DPO).

Modus yang digunakan para pelaku dengan mengajak sejumlah orang untuk memasukan CPNS melalui database honorer.

Setiap korban diwajibkan menyetor uang sebanyak Rp25 juta hingga Rp30 juta untuk yang berijazah SMA. Sedangkan untuk ijazah S1 dikenakan Rp40 juta.

Dari sembilan kabupaten dan satu kota para pelaku berhasil menipu korbannya dan membawa lari uang hasil kejahatan, sebesar Rp3,1 miliar.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



There Is 1 Response So Far. »

  1. I simply want to say I’m new to blogs and definitely enjoyed you’re web blog. Very likely I’m want to bookmark your blog post . You really come with beneficial stories. Thank you for revealing your blog.