Home » Berita CPNS » Seleksi CPNS 2015 Belum Jelas

Kepastian rencana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur (Beltim) untuk melakukan seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), khususnya dari pelamar atau kategori umum tahun 2015 ini masih belum jelas.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) hanya memberikan kemungkinan untuk penerimaan CPNS dari jalur Kategori II yang belum lulus pada seleksi ujian tahun lalu.

“Bulan Mei lalu kami sempat menayakan hal kepastian ini, namun pejabat Kemenpan hanya ngasih kabar angin saja soal seleksi Bulan Agustus ini. Itu pun hanya soal seleksi sisa K2 yang belum lulus ujian lalu. Jadi belum ada pemberitahun lewat surat resmi mengenai jadi atau tidaknya penerimaan pegawai tahun ini,” ungkap Kepala Bidang Pengadaan, Pembinaan, Pengembangan dan Kesejahteraan Pegawai (P3KP) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Beltim, Mudiarsono saat ditemui Humas Beltim di ruang kerjanya.

Pria yang akrab dipanggil Yayan ini menyatakan, untuk tahun 2015 ini sendiri, BKD Beltim sudah mengajukan 846 lowongan formasi CPNS untuk kategori pelamar umum. Formasi bagi Fungsional Umum diajukan lebih banyak dari yang lainnya yakni 456 formasi, fungsional tertentu 262 formasi, tenaga pendidik (guru) 50 formasi, dan tenaga kesehatan 78 formasi.

“Itu kan baru formasi yang kita ajukan ke Menpan dan BKN (Badan Kepegawaian Negara-red), bukan yang diberikan. Kabupaten/kota di seluruh Indonesia saat ini disarankan oleh BKN dan Menpan untuk membenahi dulu administarsi birokrasi, baik itu Analisis Jabatan (anjab) atau Alokasi Beban Kerja (ABK),” kata Yayan.

Saat ditanya apakah ada kemungkinan pemerintah pusat, khususnya wacana Presiden Joko Widodo untuk melakukan moratorium (penundaan rekruitmen) CPNS, Yayan enggan menjawab.

“Dak jelas juga, itu kebijakan pusat. Biasanya kalau memang resmi kita dikasih tau,” ujarnya.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.