Home » Berita CPNS » Skor Kahiyang Jokowi dan Passing Grade Lolos CPNS

 Kahiyang Ayu (23), puteri Presiden Jokowi, mengadu nasib di Solo. Ia ikut ujian CPNS. Skor ujiannya ada yang di bawah passing grade (ambang batas). Tidak lolos CPNS? Kahiyang mendapatkan skor 300 terdiri dari 50 untuk tes wawasan kebangsaan (TWK), 95 untuk tes intelegensi umum (TIU) dan 155 untuk nilai karakteristik pribadi (TKP). Ia berada di peringkat 105 dari 200 peserta.

Menurut Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Surakarta, passing grade yang ditetapkan panitia seleksi nasional (panselnas) adalah 70 untuk TWK, 75 untuk TIU, dan 126 untuk TKP. Ini artinya skor TWK Kahiyang di bawah standar. Sedang TIU dan TKP, skor Kahiyang yang di atas standar. Sekadar diketahui, dari tiga jenis tes itu, kebanyakan peserta tes gagal di TWK. Soal-soal TWK banyak berkutat pada pasal-pasal di UUD 1945 termasuk empat amandemennya. Peserta dinyatakan lolos jika nilai TWK, TIU, dan TKP di atas passing grade.

Kahiyang ikut seleksi untuk lowongan Pemeriksa Pertama. Lulusan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) ini bersaing dengan ribuan peserta. Ia ikut ujian di Gedung Bakorwil, Jl Slamet Riyadi, kemarin.

Ujian dilakukan dalam beberapa sesi. Sesuai nomor urut, Kahiyang ikut di sesi 3, yakni pada pukul 12.00 WIB hingga 13.30 WIB. Ada 100 soal yang harus dikerjakan.

“Ya lihat saja nanti.” Hanya itu yang diucapkan Kahiyang usai mengikuti ujian. Sambil terus tersenyum, ia meninggalkan lokasi ujian sebelum melihat hasil tes.

Sekretaris Penerimaan PNS Pemkot Surakarta Lancer S Naibaho memastikan proses penerimaan transparan. Ia meminta semua orang ikut memantau. Menurut dia, proses penerimaan berjenjang. Ujian dilakukan beberapa kali.

“Mbak Kahiyang mengikuti ujian seperti yang lainnya. Tidak ada keistimewaan,” kata Lancer kemarin.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.