Home » Berita CPNS » Soal Ujian Tes di Jawa-Bali Paling Sulit

Soal tes seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 akan dibedakan tingkat kesulitannya berdasarkan pembagian wilayah. Menurut info yang ada, materi tes CPNS termudah ditujukan untuk daerah Papua dan tersulit di Jawa-Bali.

Pada tes CPNS tahun 2013 lalu kita mengenal adanya passing grade, namun Kabid Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Syamsul Rizal, pada tahun 2014 berbeda. Pada tahun ini materi tes CPNS 2014 akan dibagi menjadi tiga bagian, yakni dengan tingakt kesulitan tinggi, menengah, dan mudah yang didasarkan pada pembagian wilayah.

Wilayah yang akan menerima materi soal dengan kategori sulit merupakan Indonesia bagian barat seperti Jawa dan Bali, sedangkan wilyah Indonesia Tengah seperti Sulawesi dan Kalimantan mendapatkan porsi menengah, serta wilayah Indonesia Timur seperti Papua, Papua Barat, dan Maluku mendapatkan soal dengan kategori paling mudah.

Menurut Syamsul, pengelompokan tersebut lebih pada tingkat kemampuan SDM di wilayah masing-masing wilayah penyelenggara tes CPNS 2014.

Apabila nantinya hasil hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) masih tetap jauh dari passing grade nasional maka pemerintah akan memberlakukan kebijakan lanjutan, “Soal kita kategorikan sulit, menengah, dan mudah. Kalau kemudian di daerah Indonesia Timur hasil TKD-nya di bawah passing grade nasional, nanti akan ada kebijakan pemerintah lagi,” pungkas Syamsul.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.