Home » Berita CPNS » Tahun 2014, Padang Bisa Rekrut CPNS 2014

Sudah tiga tahun Padang menjalani moratorium (penghentian se­men­tara) penerimaan calon pe­ga­wai negeri sipil (PNS) akibat besarnya belanja pegawai di ling­kungan Pemko Padang. Ta­hun ini, Pemko berencana mem­buka keran penerimaan CP­NS. Sebab, komposisi APBD 2014 nanti, belanja langsung (belanja publik) mulai sei­m­bang dengan belanja tak lang­su­ng (belanja pegawai).

Wakil Ketua DPRD Padang, Af­rizal mengatakan, DPRD ber­sa­ma Tim Anggaran Pe­me­rin­ta­han Daerah (TAPD) te­lah berupaya maksimal me­nyei­mbangkan belanja tersebut. Untuk APBD 2014, per­ban­di­ngan belanja pegawai dengan publik sudah 60-40 persen.

“Artinya, sesuai aturan, jika belanja seimbang, sudah bisa menerima PNS. Di akhir masa jabatan ini, kami usahakan un­tuk mencapai itu dan kita bisa,” kata Afrizal, di gedung DPRD Padang, kemarin.

Afrizal mengatakan, saat ini Padang butuh tambahan pe­ga­wai negeri, terutama untuk guru SD mengalami ke­ku­ra­ngan mencapai 800 orang. ”Mau tak mau, kita harus me­nam­bah guru SD. Sebab, tidak mungkin jika hanya me­ngan­dalkan guru honor. Sementara kelebihan guru SMA juga be­lum bisa dialihkan menjadi guru SD,” kata wakil ketua Badan Anggaran ini.

Selain itu, Padang juga bu­tuh pegawai dengan golongan II atau tamatan SMA. Selama ini, diterima umumnya adalah D-III maupun S-1. ”Kalau sudah golongan III tidak mungkin ra­sanya disuruh untuk men­gan­tar surat-surat dinas. Jadi, kita butuh pegawai golongan II. Di samping itu, juga dibutuhkan tambahan tenaga untuk ke­lura­han-kelurahan,” katanya.

Saat ini, jumlah pegawai di Padang sekitar 13.850 orang. Artinya, jumlah itu sudah ber­kurang dari tiga tahun lalu men­capai 15 ribuan orang. ”Un­tuk penerimaan PNS ta­hun ini, dalam APBD 2014 su­dah dianggarkan dana untuk itu. Namun jumlah detailnya saya kurang ingat, yang pasti ada dianggarkan,” katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Padang, Asnel membenarkan ada kesem­patan pe­nerimaan PNS pada tahun ini. Apalagi, tahun ini ada 688 PNS pensiun.

”Meski begitu, untuk tek­nis­nya BKD masih ber­ko­or­dinasi dengan Kemen PAN-RB,” tuturnya.  (eko)



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.