Home » Berita CPNS » Tahun Depan Penggajian PNS Ada Tambahan

Sistem penggajian pegawai negeri sipil (PNS) akan berubah pada 2015 sesuai dengan UU Aparatur Sipil Negara (ASN) yang disahkan pada akhir tahun lalu. Saat ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) dan Kementerian Keuangan tengah menyusun rancangan yang tepat untuk sistem baru yang mengacu pada single salary system.

Demikian disampaikan Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Eko Prasojo saat ditemui di kantor BPK usai bicara pada Seminar Internasional Peningkatan Akuntabilitas Keuangan Negara, Senin (20/1). “Dalam UU ASN untuk komponen gaji ada dua, yaitu position based mencakup beban kerja, tanggung jawab jabatan, dan risiko pekerjaan, lalu performance based,” ungkapnya.

menurut Eko, komposisi dua komponen itu ialah 75% bagi position based dan 25% performance based. “Prinsip dasarnya itu harus kami buat aturan turunannya,” ujarnya. Sistem tersebut akan dibuat tahun ini dan diaplikasikan tahun depan.

PNS akan menerima gaji pokok berdasarkan posisi kerjanya seperti yang saat ini diterima. Perubahan akan terjadi pada tunjangan karena akan diberikan berdasarkan performa pribadi dan institusi. Jika institusi dianggap berhasil, PNS akan mendapat tambahan kompensasi. Jika secara pribadi seorang PNS juga berperforma baik, ia akan mendapat tambahan lagi.

Sistem tersebut mirip dengan remunerasi yang sudah diberikan pemerintah untuk reformasi birokrasi. “Nanti kami integrasikan karena remunerasi yang kami berikan ini untuk memacu orang melakukan reform,” katanya. (Gayatri)



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.