Home » Berita CPNS » Tes CPNS CAT, dari Nilai Bisa Langsung Dilihat hingga Bisa Tes Kapan Saja

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menyatakan siap menggelar tes CPNS online. KemenPAN-RB telah menyiapkan soal-soal khusus yang terus diacak guna menghindari kebocoran soal.

Dilansir laman menpan.go.id, Jumat (22/8/2014),  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Azwar Abubakar menyatakan, siap 100% melaksanakan rekrutmen calon pegawai negeri sipil menggunakan sistem computer assisted test (CAT).

Dalam pelaksanaannya, instansi-instansi pemerintah yang membuka formasi juga menggandeng pihak ketiga dalam menyiapkan infrastrukturnya. Sedangkan untuk kabupaten/kota yang cukup jauh, pemerintah menyiapkan fasilitas uji kompetensi guru (UKG) di 2.034 titik di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sistem perekrutan dan tes CPNS tahun ini pertama kali menggunakan sistem komputerisasi. Dengan sistem CAT, tes perekrutan CPNS bisa dilakukan setiap hari. Setiap instansi bisa menggelar tes CPNS dan akan difasilitasi oleh BKN.

Menpan menjamin tidak akan ada kebocoran soal. Pemerintah mengaku telah menyiapkan puluhan ribu bank soal. Rata-rata tidak sama antara satu soal dengan soal lainnya.

Pemeritah juga mengungkap, dengan sistem CAT, semua nilai peserta tes dapat langsung dilihat di layar besar yang telah disediakan. Nilai langsung ditampilkan sesaat setelah tes, tanpa harus menunggu berhari-hari.

Dijelaskan pula, kenyamanan dan transparansi peserta, instansi pusat maupun daerah mengubah mindset masyarakat dengan menyediakan fasilitas komputerisasi dalam rekrutmen CPNS tahun 2014.

Namun untuk sosialisasi tidaklah mudah, sebab masih ada beberapa pihak yang merasa dirugikan dengan adanya sistem yang akuntabel ini, serta memanfaatkan proses seleksi CPNS tahun 2014 yang berlangsung bersih, profesional, dan tanpa korupsi.

“Tahun-tahun lalu, peserta kalah bukan karena tidak lolos tes, melainkan karena tidak bisa masuk ke stadion senayan yang memuat lima belas ribu orang, tempat dilaksanakannya tes CPNS,” ujarnya dalam launching simulasi CAT online Wisma Serbaguna, Senayan, Rabu (20/8/2014).



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.