Home » KEPEGAWAIAN » PNS Tak Netral Dalam Pemilihan Diancam Dipecat

PNS/ASN Tak Netral Dalam Pemilihan Diancam Dipecat. Aliansi Umat Islam (AUI) mengancam akan melaporkan pegawai negeri sipil (PNS/ASN) yang tidak netral, terkait pelaksanaan pesta demokrasi 2013 kepada instansi di berbagai level. Kelompok tersebut juga akan merekomendasikan sanksi kepada abdi negara yang bersikap seperti itu.

Hal tersebut dikemukakan Ketua AUI, Slamet Riyadi. Menurutnya, sikap seperti itu sebenarnya bukan merupakan sesuatu yang berlebihan, karena secara regulasi memang mengatur dengan tegas ketentuan tersebut. “Akan kami pantau dan laporkan kepada instansi terkait dengan tembusan bupati hingga menteri,” katanya.

Ditambahkannya, ketidaknetralan abdi negara dinilai akan memperkeruh iklim sosial politik. Pasalnya, segala sesuatu dimungkinkan diarahkan untuk mendukung salah satu pihak saja. Padahal, mereka harus memberikan pelayanan kepada semua masyarakat tanpa terkecuali. “Negara telah mengatur mengenai hal tersebut dan semua pihak wajib untuk mematuhinya,” paparnya.

Hal serupa juga dikemukakan oleh peneliti sosial dari Central Riset Manajemen Informasi (Cermin) Maesah Anggni. Kepada pihak terkait diminta untuk memberi peringatan dan saksi tegas kepada pelanggar ketentuan tersebut. “Kalau perlu dipecat,” jelasnya.

Alasannya, tindakan seperti itu diperkirakan akan mengganggu tugas pelayanan kepada masyarakat. Semua itu didasarkan atas konflik kepentingan. Bila sudah bertekat untuk mendukung atau bahkan berperan serta secara aktif dalam pesta demokrasi tersebut, para abdi negara tersebut disarankan untuk mundur terlebih dahulu.  “Peran pihak terkait untuk menegakkan aturan sangat diperlukan,” ungkapnya.

Kepala BKD Kabupaten Kudus, Joko Triyono saat dikonfirmasi sejumlah awak media menyatakan, soal netralitas PNS/ASN diatur dalam Surat Edaran Menpan Nomor 07 Tahun 2009 dan Peraturan Pemerintah nomor 53 Tahun 2010. Di dalamnya disebutkan saat tahapan resmi Pilbup netralitas PNS/ASN tetap menjadi sebuah keharusan.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.