Home » KEPEGAWAIAN » Setiap hari Jumat, PNS di Jogja Wajib Bersepeda

Usai mendapatkan kritikan dari kaum pesepeda, Wali Kota Haryadi Suyuti mulai banyak memberikan perhatian terhadap moda transportasi ramah lingkungan itu. Tak hanya dengan mengayuh sepeda dalam beberapa aktivitas, Haryadi telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) imbauan penggunaan sepeda bagi pegawai negeri sipil (PNS/ASN).
Dalam SE bernomor 551/59/SE/2012 tertanggal 19 September 2012 tersebut, Haryadi juga memberlakukan sanksi bagi PNS/ASN yang tak mematuhi aturan. PNS/ASN yang kedapatan menggunakan sepeda motor dan mobil dinas pada Jumat bakal disanksi.Mereka wajib menggunakan sepeda setiap menempuh jarak kurang dari lima kilometer pada Jumat. Jika melanggar, kendaraan dinas bakal ditarik untuk digarasikan di balai kota.
”Pembinaannya berada di masing-masing Kepala SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah),” tulis Sekretaris Kota (Sekkot) Jogja Titik Sulastri di SE yang ditempelkan di masing-masing kantor SKPD.
Titik menjelaskan, kewajiban penggunaan sepeda berlaku bagi seluruh pegawai pemkot. Yang bertanggung jawab terhadap implementasi adalah masing-masing SKPD, sesuai dengan bunyi SE. ”Seluruh SKPD wajib menggerakkan pegawai untuk bersepeda,” tambahnya.
Keluarnya SE tersebut, akhirnya menjawab keresahan masyarakat pecinta sepeda selama ini. Mereka resah kebijakan Haryadi yang memindahkan parkir di luar balai kota ke dalam, akan menghapus  program Sepeda Kanggo Sekolah lan Nyambut Gawe (Sego Segawe).

Bahkan, Sego Segawe kini telah menjadi gaya hidup anak muda Jogja. Bersepeda tak lagi hanya untuk stigma masyarakat kurang mampu. Tapi, semua kalangan telah menggunakan sepeda hanya sekedar untuk hobi.Sadar akan kondisi tersebut, Haryadi sudah merencanakan kebijakan pro-sepeda. Dirinya telah mengusulkan penambahan anggaran untuk memperbaiki fasilitas jalur sepeda yang masih belum mampu maksimal digunakan.”Jalur sepeda yang ada ini dimaksimalkan terlebih dahulu. Kalau memang kurang layak, kami akan perbaiki, agar lebih banyak pesepeda yang menggunakan jalur tersebut,” kata Haryadi siang kemarin (12/10).Penambahan anggaran untuk perbaikan jalur sepeda itu akan dimasukkan dalam APBD 2013. Kini, proses perhitungan sedang dilakukan untuk bisa memperkirakan jalur-jalur yang butuh perbaikan.
”Minggu depan, kami baru akan mengecek kondisinya. Sekalian inventarisasi kondisi-kondisinya yang masih kurang layak,” jelasnya.Mengembangkan moda transportasi ramah lingkungan, menurut Haryadi, harus dimulai dari jajaran atas. Meskipun saat ini masyarakat sudah banyak yang menggunakan sepeda sebagai hobi.”Kami juga akan siapkan keamanan sepeda di balai kota dan beberapa parkir sepeda di fasilitas umum. Karena, harga sepeda sekarang tahu sendiri, ada yang lebih mahal dari sepeda motor,” imbuh Haryadi.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.