Home » SOAL CPNS » Cegah Kebocoran, Soal CPNS Dilengkapi Sandi-sandi Khusus

Berbagai cara dilakukan demi terwujudnya pelaksanaan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil 2013 yang bersih dan bebas dari praktik kecurangan. Salah satunya adalah dengan pengamanan soal tes CPNS. Kini, soal tes CPNS yang masih dalam bentuk digital telah dienkripsi dengan sandi khusus. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) bekerja sama dengan Lembaga Sandi Negara untuk melakukan pengamanan.

“Di flashdisk ini, sudah ada soal CPNS yang dienkripsi dengan sandi-sandi khusus,” kata Menpan-RB Azwar Abubakar di Jakarta.

Menurut Azwar, flashdisk tersebut tidak akan bisa dibuka oleh sembarang orang. Pengamanan secara ekstra akan diterapkan saat soal-soal itu dalam proses pencetakan. Setelah soal dicetak dalam bentuk kertas, Azwar juga menjamin keamanan soal-soal tersebut.

Dalam proses distribusi, Kemenpan-RB telah bekerja sama dengan berbagai lembaga seperti Kepolisian Republik Indoneisa (Polri), Badan Intelijen Negara (BIN), serta Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP). “Jadi setelah dicetak tetap terjaga juga keamanannya,” lanjut Azwar.

Dengan sistem pengamanan soal ini, ia berharap dapat tercipta pelaksanaan rekrutmen CPNS yang bersih.



Posting Pusat Pengumuman CPNS Indonesia (PPCI) lainnya:



Comments are closed.